Home / DPRD Kotim

Jumat, 24 Juni 2022 - 08:37 WIB

Dewan Sayangkan Kebijakan Penghapusan Tekon

Anggota DPRD Kotim Dadang H Syamsu.

Anggota DPRD Kotim Dadang H Syamsu.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang H Syamsu menyayangkan kebijakan penghapusan pegawai honorer atau tenaga kontrak yang diberlakukan pemerintah pusat per tanggal 28 November 2023 mendatang.

“Harus kita pikirkan karena mereka punya keluarga dan tanggungan. Tidak bisa memberhentikan tiba-tiba seperti itu,”ungkap Dadang kepada sejumlah awak media, Kamis (23/6).

Dadang menjelaskan, saat ini ada sekitar 3.200 orang tenaga kontrak di lingkup Pemkab Kotim. Kontrak mereka akan berakhir pada 30 Juni 2022 dan dievaluasi melalui seleksi ulang sebagai upaya pemerintah daerah melakukan rasionalisasi jumlah tenaga kontrak sebelum penghapusan diberlakukan pada 2023.

Dalam rasionalisasi ini diperkirakan akan ada 500 hingga 700 orang yang tidak dilanjutkan kontrak kerjanya. Selanjutnya saat penghapusan diberlakukan, maka pemerintah daerah harus mematuhi aturan.

“Hal ini perlu menjadi perhatian bersama karena akan banyak orang kehilangan pekerjaan dan banyak keluarga terancam nasibnya. Pemerintah berkewajiban memikirkan nasib tenaga kontrak yang tidak diperpanjang lagi kontrak kerjanya,”ujarnya.

Dadang mengaku banyak menerima keluhan tenaga kontrak yang resah dan ketakutan luar biasa menghadapi kebijakan penghapusan tenaga kontrak tersebut.

Sepanjang aturan itu belum berubah maka 2023 nanti tenaga kontrak akan dihapus. Tetapi perlu dipikirkan bahwa manfaat kebijakan itu harus mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam konteks ini, ketika ada aturan yang memberhentikan secara tiba-tiba, pemerintah harus hadir memikirkan nasib tenaga kontrak yang kontrak kerjanya tidak dilanjutkan lagi.

“Polanya seperti apa, itu perlu kita bicarakan dan pikirkan bersama-sama. DPRD tidak akan tinggal diam,” tandasnya. (ahm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Legislator Ini Sarankan DPRD Kotim Keluar dari Tim Gugus Tugas Covid-19

DPRD Kotim

Legislator Ini Sayangkan RDP digelar di Kebun PT KMA 

DPRD Kotim

DPRD Kotim Prihatin Dunia Pendidikan Darurat Narkoba

DPRD Kotim

Awasi Calo Tiket Mudik Lebaran

DPRD Kotim

Kedepankan Fungsi Sosial Dalam Pelayanan Pasien

DPRD Kotim

Perusahan Perlu Dilibatkan dalam Penanggulangan Kemiskinan Daerah

DPRD Kotim

DPRD Kotim Terima 3 Buah Raperda

DPRD Kotim

Tol Sungai Diharapkan Minimalisir Dampak Banjir