Home / Katingan

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:56 WIB

Satlantas Tegur Pengendara Sepeda Listrik Dibawah Umur 

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Maraknya penggunaan sepeda listrik oleh anak-anak di Kota Kasongan Kabupaten Katingan, mendapat perhatian serius dari anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Katingan.

Ironisnya, para pengguna sepeda listrik yang masih berusia dibawah umur ini tak segan-segan melintasi jalan raya yang ramai dilalui kendaran bermotor tanpa menggunakan kelengkapan keselamatan, khususnya helm.

Seperti saat mereka berangkat sekolah melintas di ruas Jalan Tjilik Riwut Km 15,5 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Para pengendara ini kemudian dihentikan dan diberikan teguran oleh anggota Satlantas Polres Katingan, Selasa (31/5/2022) pagi.

Baca Juga :  Kepala BPBD Katingan dan Perwira Penghubung 1015/Sampit Ikut Semprot Disinfektan

Kapolres Katingan AKBP P. Sonny Bhakti Wibowo melalui Kasatlantas Iptu Lelina Olin mengatakan, saat ini diberikan teguran kepada anak dibawah umur yang mengendarai sepeda listrik di jalan umum. Teguran ini diberikan karena pengendara ini berpotensi membahayakan.

“Karena sebagaimana diketahui, syarat-syarat mengendarai sepeda listrik telah diatur sesuai dengan Permenhub Nomor 45 tahun 2020,” kata Olin.

Baca Juga :  Percepat Proses Pemenang Tender

Dalam Permenhub 45/2020 itu, jelas dia, di antaranya kecepatan sepeda listrik paling tinggi 25 km/jam. Kemudian, setiap orang yang menggunakan kendaraan (sepeda listrik) itu juga harus memenuhi ketentuan, yakni menggunakan helm, usia pengguna paling rendah 12 tahun.

“Pengendara juga tidak diperbolehkan untuk mengangkut penumpang, kecuali sepeda listrik yang dilengkapi dengan tempat duduk penumpang, serta tidak diperbolehkan melakukan modifikasi daya motor yang dapat meningkatkan kecepatan,”tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Ketua RT Dua Hari Hilang Disembunyikan Mahluk Gaib

Katingan

Dua Bandar Sabu Jaringan Lalan Diringkus Polisi

Katingan

DPRD Katingan Minta Lelang Proyek LPSE Dihentikan

Katingan

Diguyur Hujan, Ruas Jalan Trans Kalteng Direndam Banjir

Katingan

Disambar Truk, Ibu dan Anak Tewas Terseret

Katingan

Tiga Komplotan Pencuri Sarang Walet Diringkus Polisi

Katingan

Sakariyas Lantik Damang Adat Katingan Hulu

Katingan

Dewan Ajak Masyarakat Patuhi Perda