Home / Daerah / DPRD Seruyan

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:20 WIB

Minta Diskan Rutin Tabur Benih Ikan di Sungai Seruyan

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

KUALA PAMBUANG, KaltengEkspres.com – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Perikanan (Diskan) setempat untuk rutin melakukan penaburan benih ikan di Sungai Seruyan.

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengungkapkan, penaburan benih ikan secara rutin penting dilakukan untuk menjaga populasi ikan yang ada di Sungai Seruyan tetap terjaga.

“Kami minta kepada Diskan agar penaburan benih ikan itu bisa dilakukan secara rutin dan jumlah benihnya juga ditingkatkan secara merata di sepanjang aliran sungai kita. Supaya populasinya tetap melimpah,” katanya di Kuala Pembuang, Selasa 17 Mei 2022.

Baca Juga :  Pemda Diminta Tanggulangi Kemiskinan Daerah

Dikatakannya, Seruyan merupakan salah satu daerah yang sangat kaya hasil perikanannya termasuk dari sektor tangkapan sungai. Sehingga tidak heran jika sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

“Apalagi masyarakat kita yang tinggal di sepanjang aliran sungai itu, banyak dari mereka yang menggantungkan hidupnya pada hasil perikanan sungai tersebut,” imbuhnya.

Dengan demikian, maka jumlah populasi ikan di perairan tersebut sangat berdampak terhadap kondisi perekonomian masyarakat nelayan di wilayah setempat. Sehingga memang sudah seharusnya populasi perikanan harus dijaga.

Baca Juga :  Tim Pengawas Wajib Pajak Dibentuk, Pemkab Lamandau - Kantor Pajak Pratama

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait adalah dengan melakukan penaburan benih secara rutin. Dan juga saya minta kepada masyarakat agar jangan sampai menangkap ikan dengan cara-cara yang dilarang seperti menyetrum, meracun dan lain sebagainya. Karena itu akan berdampak buruk terhadap populasi perikanan itu sendiri. Harus sama-sama kita jaga,” imbaunya.(dri/*)

Share :

Baca Juga

Barito

Serda Lunik Laporan Kendala TMMD Kepada Tim Pendam XII/Tpr

Kotim

Miris, Makam Dikelilingi Kebun Sawit PT KIU

Kotim

Warga Mentaya Hulu Babak Belur Dipukuli Saat Melerai Perkelahian

Kotim

Oknum Perguruan Silat Kotim Pukuli Remaja Cempaga Hingga Babak Belur

Seruyan

Seruyan Memanas, Ratusan Warga Blokade Jalan PT BAP

Seruyan

Mantapp!! Bhayangkari Seruyan Ikut Promosikan Potensi Wisata Seruyan

Kobar

Sikapi Lakatunggal, Bupati Bakal Panggil Kelompok Tani Peternak Sapi

Kotim

Tinjau Pasar PPM, Jokowi Berikan Bantuan Modal Usaha PKL