Home / Katingan

Minggu, 22 Mei 2022 - 13:29 WIB

Dewan Pertanyakan Keterlambatan Lelang Pekerjaan

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupeten Katingan pertanyakan keterlambatan lelang di hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

“Kita pertanyakan mengapa terjadi keterlambatan lelang sejumlah kegiatan pembangunan,” ungkap Anggota DPRD Katinga¬† Firdaus ST, Minggu (22/5/2022).

Kenapa harus dipertanyakan terus menerus. Pasalnya, roda pemerintahan di daerah kita hingga saat ini menurutnya sudah memasuki truwulan kedua.

“Bahkan, di triwulan kedua ini sudah berjalan hampir satu bulan,” kata politisi PAN ini.

Selain itu, yang patut kita ingatkab menurutnya, adalah persoalan cuaca. Sudah dua hingga tiga tahun ini cuaca tidak bisa lagi kita prediksi. Seperti di tahun 2020/2021 yang lalu, Katingan dilanda banjir sampai tiga kali pertahun. Sehingga ada sejumlah proyek pembangunan yang tindak bisa diselesaikan 100 persen. “Alasannya lantaran alam,” ujarnya.

Nah, mumpung saat ini, daerah kita masih dalam keadaan bagus, tidak banjir dan rekanan bisa bekerja dengan aman, tanpa banjir, dirinya meminta kepada semua OPD agar mengajukan dokumen/draf perencanaan pekerjaannya kepada bagian LPSE atau panitia lelalang secepatnya. “Sehingga, panitia lelang cepat pula untuk menayangkan pekerjaan yang akan dilelang kelak,” terangnya.

Baca Juga :  Polres Katingan Bekuk Dua Pengedar Sabu

Jika tidak segera diatasi keterlambatan lelang ini, lanjutnya, dikhawatirkan waktu untuk mengerjakannya tidak cukup. Sehingga yang menderita kerugian bukan hanya rekanan pemenang tender saja, tapi Pemkab dan masyarakatpun ikut menderita kerugian.

Baca Juga :  Oleng di tikungan, Pengendara Motor Tewas Disambar Innova

“Kalau masyarakat sudah jelas rugi. Karena, tertunda untuk menikmati hasil pembangunan tersebut,” jelasnya

Sedangkan kerugian dari rekanan, selain materi, juga kesempatan untuk ikut lelang di tahun berikutnya atau selama dua tahun ke depan tidak bisa lagi. “Sebab, bisa dianggap finalti,”ucapnya.

Selanjutnya meskipun mengalami keterlambatan, namun dirinya berharap kepada masing-masing OPD lingkup Pemkab setempat agar sesegera mungkin untuk menyerahkan dokumen yang akan dilelang kepada panitia lelang. “Sehingga, panitia lelang bisa secepatnya pula untuk menayangkan lelangnya,” tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Katingan Terus Berbenah Diusia ke 20 Tahun

Hukum Kriminal

Anggota TNI-Polri Marikit, Bantu Gotong Jenazah Hingga ke Pemakaman

Katingan

Pj Bupati Lantik Pj Kades Tumbang Marak

Katingan

Dewan Sampaikan Hasil Rapat Kerja Gabungan 

Katingan

Ini Pidato Jawaban Bupati Atas Pandangan Fraksi

Katingan

Bupati Imbau Masyarakat Katingan Tak Berpergian Keluar Kalteng

Katingan

Kapolres Katingan Cek Kesiapan Sarpras Ops Mantap Praja Telabang 2020

Katingan

Pengedar Sabu Diringkus di Desa Hampalit