Home / Daerah / Lamandau

Sabtu, 2 April 2022 - 20:25 WIB

Kades Jangan Bangun Insfrastruktur Dulu, 40 Persen Dana Desa untuk BLT

WAWANCARA - Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat diwawancara awak media usai kegiatan pencanangan Rumah Restorative Justice di Desa Bukit Indah, Kecamatan Bulik. (Adzzikra El Varsha)

WAWANCARA - Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat diwawancara awak media usai kegiatan pencanangan Rumah Restorative Justice di Desa Bukit Indah, Kecamatan Bulik. (Adzzikra El Varsha)

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Bupati Lamandau Hendra Lesmana berharap para Kepala Desa bisa bersabar sementara waktu tak menggarap infrastruktur desa. Ini dikarenakan adanya kebijakan pengalokasian 40 persen dari dana desa (DD) untuk bantuan langsung tunai (BLT).

“Tujuannya agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ungkap Hendra saat dibincangi pada Sabtu (2/4)/2022).

Lanjut Bupati, kebijakan penggunaan DD ini merupakan kebijakan nasional. Pihak Pemkab Lamandau tidak bisa mengelak dan membuat kebijakan baru lantaran sudah ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga :  Tiga Budak Sabu Diringkus Polres Lamandau 

“Kebijakan ini dari pusat. Begitu pula dananya. Maka dari itu, para Kades wajib mentaati. Semua anggaran harus ada payung hukum. Ada regulasinya,” terang Bupati.

Fokus DD tahun ini, kata Hendra, ada beberapa kebijakan. Yaitu, membatasi BLT-DD minimal 40 persen, Covid-19 delapan persen dan 20 persen untuk ketahanan pangan.

”Kalau dulu BLT memang tidak diatur batasnya. Sekarang minimal 40 persen untuk keluarga penerima manfaat (KPM),” tuturnya.

Baca Juga :  Kasus Gustap Jaya Tak Cukup Bukti

Kebijakan tersebut, imbuh Bupati, merupakan upaya pemerintah pusat guna memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Semua sektor merasakan dampaknya. Semoga kebijakan tersebut dapat segera memulihkan perekonomian masyarakat,” harapnya.(el/*)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Barito

Kasus Dugaan Penipuan 4 Oknum PAC Demokrat Barsel P21

Seruyan

20 Penderita Gangguan Jiwa Dipasung di Seruyan

Kobar

PT BGA Region 3 Gelar Salat Istisqa Serentak di Kebun

Kobar

Pemkab Kobar Tanam 10 Ribu Bibit Pohon di Kawasan Sport Center

Kapuas

Diskominfo Kapuas Apresiasi Peran Jurnalis Dimasa Pandemi Covid-19

Pulang Pisau

Bupati Minta Kegiatan Tersisa Dikerjakan dengan Cepat

Kotim

Miris! Dipicu Cemburu Berlebihan, Penyebab Warga SP-3 Parenggean Gantung Diri

Daerah

Sekda Katingan Pilih Bungkam Soal Raibnya APBD