Home / Daerah / Lamandau

Minggu, 3 April 2022 - 19:43 WIB

Bupati Hendra Lesmana : Desa Harus Mandiri dan Sejahtera

GARUNG PANTAN - Bupati Lamandau Hendra Lesmana disambut tradisi adat pemotongan Garung Pantan. (FOTO - Adzzikra El Varsha)

GARUNG PANTAN - Bupati Lamandau Hendra Lesmana disambut tradisi adat pemotongan Garung Pantan. (FOTO - Adzzikra El Varsha)

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, saat ini desa tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan pemerintah.

Namun, lebih dari itu mempunyai peran penting sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan mengatur urusan rumah tangganya.

“Regulsi yang ada menjadi peluang bagi desa untuk lebih sejahtera,” ungkap Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat memberikan sambutan pada peringatan HUT Kecamatan Bulik Timur.

Baca Juga :  Pengendara Motor Tewas Dihantam Mobil Navara

Saat ini, kata Bupati, desa diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat desa.

“Disinilah desa dituntut lebih mandiri dalam pengelolaanya, termasuk pertanggungjawabanya,” ucap bupati mengingatkan.

Besarnya anggaran yang dikelola oleh desa harus mampu dimanfaatkan sebagai stimulan bagi desa dan warga masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat desa.

Sementara, Camat Bulik Timur Aleksander, mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat memaknai perayaan ulang tahun ke-17 tersebut sebagai sebuah langkah yang harus diraih bersama untuk kemajuan wilayahnya.

Baca Juga :  Listrik Di Mura Akan Terkoneksi Dengan PLTU Bengkanai

“Saya berharap dukungan dalam mengelola pemerintahan kecamatan baik dari segi pembangunan fisik maupun pembangunan SDM-nya,” pinta Camat.

Diketahui, Kecamatan Bulik Timur terdiri dari 12 desa diantaranya, desa Merambang, Batu Tunggal,  Pedongatan, Nuangan, Sungkup, Nanga Koring, Toka, Sepondam, Nanga Kemujan, Nanga Palikodan, Bukit Jaya dan Sukamaju.(el/*)

Share :

Baca Juga

Kobar

IRONIS!! Menunggak Dua Bulan, Listrik Sekolah SDN-2 Baru Kelurahan Baru Disegel PLN

Barito

Maksimalkan Persiapan Kunjungan Wasev, Dandim Buntok Pimpin Rapat

Kotim

Belum Ada Titik Terang, Warga Sebabi Dirikan Tenda Bermalam

Daerah

Nahas, Penderita Epilepsi Tewas Tenggelam

Barito

Sosialisasi PT KSL di Desa Matarah Disambut Baik Warga

Barito

Pelaku Penggelapan Sepeda Motor Warga Barut Dibekuk Polisi

Kobar

Ini WNA Yang Diamankan Kodim 1014 Pangkalan Bun

Kotim

Nekat Jual Sabu, Dua Warga Baamang Tengah Diciduk Polisi