Home / Pemkab Murung Raya

Selasa, 8 Maret 2022 - 17:57 WIB

Susun RKPD, Pemkab Mura Gelar Konsultasi Publik

Sekda Mura Hermon F Lion saat menyampaikan sambutannya ketika membuka kegiatan konsultasi publik, Selasa (8/3/2022).

Sekda Mura Hermon F Lion saat menyampaikan sambutannya ketika membuka kegiatan konsultasi publik, Selasa (8/3/2022).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Dalam Rancangan Awal (Ranwal) penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Murung Raya (Mura) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) di aula Bappedalitbang, Senin (7/03/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya Hermon dalam mewakili Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph. Turut hadir, Ketua DPRD Murung Raya Doni, unsur Forkopimda, serta Organisasi Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Sekda Hermon mengatakan, bahwa konsultasi publik tersebut dimaksudkan untuk melakukan pembahasan aspirasi dalam penyempurnaan RKPD Kabupaten Murung Raya tahun 2023.

“Sebagaimana fokus atau tema pembangunan Kabupaten Murung Raya tahun 2023 yaitu Pemantapan kesejahteraan Masyarakat Menuju Murung Raya Sejahtera dan Bermatabat maka penyusunan awal RKPD tahun 2023 akan menjadi Baseline dalam menentukan target perencanaan daerah tahun 2023,” kata Hermon.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pengelolaan Arsip pada Lembaga Pendidikan

Menurutnya, dalam perumusan indikator maupun target capaian agar mengacu pada standar pelayanan minimal yang terdapat pada urusan wajib dasar, indikator pada SDG’S dan peraturan Menteri Dalam Negeri no 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan daerah no 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023 dalam pendekatan Holistik-Tematik, integratif dan spasial, serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan Money Follows Program.

“Dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar kerena tugas dan fungsi perangkat daerah,” Kata Hermon.

Sementara, untuk hal tersebut lanjut Hermon, mengisyaratkan bahwa pencapaian prioritas pembangunan Kabupaten Murung Raya memerlukan adanya koordinasi dari seluruh Pemangku kepentingan, melalui pengintegrasian program prioritas atau kegiatan prioritas.

Baca Juga :  Bupati Serahkan 50 Sertifikat PTSL ke Warga Bahitom

“Harus dimulai dari proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan yang mencakup harmonisasi, sinergitas, dan sinkronnisasi antara dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang, pendek, Menengah dan tahunan serta antar tingkat pemerintahan,”ujar Hermon.

Terkait untuk RKPD Kabupaten Murung Raya tahun 2023 tambah Hermon, harus menjadi acuan bagi seluruh perangkat daerah agar selaras antara perencanaan Nasional, Provinsi, dan Kabupaten terutama dalam penentuan sasaran dan target kinerja daerah.

“Saya harap seluruh apirasi dapat ditampung sebagai pertimbangan usulan program atau kegiatan yang diusulkan untuk tahun 2023 dan merupakan program/kegiatan prioritas serta strategis untuk pembangunan Kabupaten dapat di integrasikan untuk mencapai keterpaduan atau keserasian antar sektor dan pelaku pembangunan,” tandasnya. (one)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Pj Bupati Mura Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Jajal Kerjasama Rekrutmen Tenaga Kerja Lokal

Pemkab Murung Raya

Perdie : Harus Serius Tanggulangi Stunting 

Pemkab Murung Raya

Wakil Bupati Lepas 244 Atlet Mura untuk Mengikuti Porprov Kalteng

Pemkab Murung Raya

Disarpus Mura Raih Penghargaan

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Terima Kunjungan Tim Kaji Banding Barut

Pemkab Murung Raya

Pasar Murah di Batura Bantu Ekonomi Warga 

Pemkab Murung Raya

Akses Ruas Jalan Tembus Desa Takajung Mulai Digenjot