Home / DPRD Kobar

Kamis, 31 Maret 2022 - 15:05 WIB

Sebut Sektor Perkebunan Minim Retribusi

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mengakui bahwa penerimaan dari sektor perkebunan di daerah ini masih minim.

Padahal, setiap tahun perusahaan kelapa sawit membawa keluar jutaan ton hasil sawitnya. Dan mereka membayar pajak sesuai dengan ketentuan kepada pemerintah pusat.

Terkait itu, tidak ada satu pun dana bagi hasil dari keuntungan perusahaan yang masuk ke kas daerah selama beberapa tahun ini.

Baca Juga :  Masyarakat Kubu Keluhkan Abrasi Pantai

“Memang aturan sebelumnya kita daerah tidak dapat apa-apa dari sektor itu. Makanya kalau daerah mau banyak dapat pemasukan itu, harus uji materi UU yang menghalanginya. Jadi kalau berharap PAD dari sektor perkebunan itu sangat minim, paling IMB, pajak dan retribusi kecil saja,” katanya

Baca Juga :  Pendidikan Akhlak Sangat Penting 

Namun dengan hadirnya aturan baru tentang Dana Bagi hasil Perkebunan Sawit bantuan kelapa sawit  bisa menyokong perekonomian.

Hal tersebut, kata dia, tertuang dalam Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (UU HKPD) yang menjadi sumber baru untuk pembangunan daerah. (ahm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kobar

DPRD Kobar Dukung Transmigrasi SP Pugar

DPRD Kobar

Jaga Kestabilan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

DPRD Kobar

Dewan Minta Masyarakat Kompak Turunkan Stunting

DPRD Kobar

Dewan Dorong BPR Jadi Regional Champion

DPRD Kobar

Rusdi Gozali Jabat Ketua Sementara DPRD Kobar

DPRD Kobar

Dewan Dukung Jambore UMKM Kobar

DPRD Kobar

Dewan Apresiasi Pelayanan Kesehatan Milik Perusahaan

DPRD Kobar

Dewan Apresiasi Bazar “Wadai” Kampung Raja