Home / Daerah / Lamandau

Rabu, 30 Maret 2022 - 16:08 WIB

Pertemuan Surveilans Tingkatkan Kapasitas Pengawas Puskesmas

PERTEMUAN - Salah satu perwakilan Puskesmas bertanya kepada pamateri dalam pertemuan surveilans. (Foto - Adzzikra El Varsha)

PERTEMUAN - Salah satu perwakilan Puskesmas bertanya kepada pamateri dalam pertemuan surveilans. (Foto - Adzzikra El Varsha)

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau menggelar pertemuan peningkatan kapasitas surveilans (pemantau atau pengawas) Puskesmas dalam rangka tracking dan manajemen data.

Kepala Dinkes Kabupaten Lamandau, Rosmawati menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman petugas surveilans dan pengolah data tracer Puskemas.

“Dengan pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas surveilans dalam mendukung tracing, testing, treatment di wilayah Kabupaten Lamandau,” terang Rosmawati. Rabu (30/3) kemarin.

Baca Juga :  Disambut Upacara Adat, PJ Bupati Tiba di Bumi Bahaum Bakuba

Dengan peningkatan kapasitas tersebut, lanjut dia, mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sekaligus mampu membawa perbaikan pelayanan kesehatan kepada warga.

“Kesehatan masyarakat tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinkes selaku leading sector. Namun semua elemen, termasuk masyarakat itu sendiri,” sebutnya.

Baca Juga :  Kamera dan Uang Rp 15 Juta Raib Digasak Maling

Menurutnya, dibutuhkan juga kesadaran masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan. Selain menerapkan pola hidup sehat, yang tak kalah pentingnya adalah melakukan skrining khususnya penyakit tidak menular atau PTM.

Kegiatan pertemuan peningkatan kapasitas surveilans Puskesmas dalam rangka tracking dan menejemen data ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh Puskesmas Se-Kabupaten Lamandau.(el/*)

Share :

Baca Juga

Kobar

Tidar Kalteng Semangati Nakes Kobar

Pulang Pisau

Dua Kadis Pulang Pisau Tahun Ini Pensiun

Katingan

Truk Diingatkan Jangan Melebihi Tonase Melintas Dalam Kota

Kobar

Bupati Kobar Resmikan Pasokan Listrik Dua Desa

Katingan

Masuk Perempat Final, Persekat Optimistis Boyong Medali

Kobar

Begal Payudara Modus Ojol Diciduk Polisi

Kotim

Tragis, Pemotor Tewas Menabrak Belakang Truk

Kobar

Lahan Seluas 3 Ha di Kelurahan Baru Berkobar