Home / DPRD Seruyan

Minggu, 6 Maret 2022 - 21:20 WIB

PBS Harus Aktif Terlibat Cegah Karhutla

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada seluruh perusahaan besar swasta (PBS) khususnya perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Seruyan agar dilibatkan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini diutarakan Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo. Menurut Eko sapaan akrabnya, sudah merupakan tanggungjawab dari PBS untuk ikut dalam pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Seruyan, maka dari itu seluruh PBS harus ikut aktif dalam melakukan langkah-langkah dalam penanganan dan pencegahan Karhutla.

Mengingat upaya memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan bencana karhutla tersebut memang sudah seharusnya melibatkan seluruh pihak mulai dari instansi terkait, lapisan masyarakat bahkan sampai pihak perusahaan.

Baca Juga :  Dewan Minta Awasi Harga Kebutuhan Pokok di Pasaran

Lantaran di Seruyan sendiri ada cukup banyak PBS khususnya perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah setempat sehingga sudah seharusnya mereka bisa membantu.

Baca Juga :  Legislator Minta Pemkab Seruyan Bangun Lumbung Padi

Salah satunya adalah dengan memperhatikan lahan areal mereka sendiri terlebih dahulu lalu kemudian bisa membantu melengkapi peralatan karhutla yang ada di desa-desa binaan mereka.

“Karena setiap perusahaan itukan ada desa binaannya, bantu mereka untuk melengkapi sarana dan prasarananya, lalu bisa juga pada saatnya nanti berkolaborasi dengan pihak desa untuk memaksimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan di lapangan,”tandasnya. (dri)

 

Share :

Baca Juga

DPRD Seruyan

Pengangkatan Guru Jadi Pj Kades Pengaruhi Kinerja Sekolah

DPRD Seruyan

Penyaluran PKH Harus Tepat Sasaran

Daerah

Lama Rusak, DPRD Seruyan Minta Perbaiki Jalan Desa Pembuang Hulu II

Daerah

Pemkab Seruyan Diminta Lebih Serius Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Daerah

Dewan Dukung Program Berorientasi Pada Kemajuan Daerah

DPRD Seruyan

Harapkan Tenaga Penyuluh Perikanan Tersebar Merata

DPRD Seruyan

Pemkab Diminta Segera Realisasikan Perbaikan Mebeler di SDN 1 Tanjung Rangas

Daerah

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Guna Tangani Ketimpangan Pendapatan