Home / Barito

Senin, 7 Maret 2022 - 22:35 WIB

Mantap! BUMDES Desa Tabatan Kelola Peternakan Kerbau Rawa

Buntok,Kaltengekspres.com – Guna meningkatan perekonomian masyarakat serta menunjang program di tingkat desa, Pemerintah Desa Tabatan Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjalankan unit usaha pengelolaan peternakan kerbau rawa sebagai usaha andalan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Tabatan Mahmudin kepada awak media di sela-sela kegiatan kunjungan lapangan Pemerintah Kecamatan Jenamas yang dipimpin Sekcam Jenamas Eddy Hariyadi, ST, MT mewakili Camat, didampingi Kasi Trantib merangkap Kasatpol PP Jenamas H. Tiak, SP beserta staf, belum lama ini.

“Peternakan kerbau rawa menjadi andalan usaha BUMDes Desa Tabatan berdasarkan karakteristik wilayah dan potensi lokal yang kami miliki sehingga memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut” katanya.

Mahmudin yang kala itu didampingi Sekdes Tabatan Herman serta Ketua BPD Tabatan M.Hilmi mengungkapkan, sejak tahun 2017 diawal BUMDDes didirikan, pada saat itu kerbau rawa yang dimiliki hanya berjumlah sebanyak 4 ekor, setelah dikelola selama hampir 4 tahun sampai dengan saat ini jumlahnya sudah bertambah menjadi 18 ekor.

Baca Juga :  Edar 12 Paket Sabu, Seorang Bandar di Bartim Disergap Polisi

“Sementara untuk target sampai dengan tahun 2023 mendatang, kami berharap peternakan kerbau rawa yang kami kelola bisa mencapai 40 ekor lebih” katanya

Masih dikatakannya, peternakan kerbau rawa yang dikelola BUMDes Tabatan yang diberi nama “BUMDes Satu Hati Satu Harapan” juga mendapatkan perhatian dari pihak PT.Adaro Indonesia melalui program CSR (Corporate Social Responsability) dan mendapatkan bantuan kerbau rawa setiap tahunnya katanya.

“Dari hasil pengelolaan peternakan kerbau rawa tersebut, disamping untuk membiayai operasional pengelolaan ternak serta membantu berbagai kegiatan keagamaan, juga telah bisa membangun 1 unit sekolah Madrasah Ibtidaiyah yang cukup representatif guna menunjang pendidikan dasar di desa Tabatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Polsek Jenamas Gandeng Koramil ┬áTanam Pohon Penghijauan

Ditempat terpisah Sekcam Jenamas Eddy Hariyadi, ST,MT, mengatakan, kegiatan kunjungan lapangan sendiri merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh aparat Pemerintah Kecamatan Jenamas.

“Saya bersama Kasi Trantib merangkap Kasatpol PP Jenamas H. Tiak, SP dan beserta staf, langsung melakukan kunjungan ke desa Tabatan,” kata Edi Hariadi kepada Kalteng Ekspres.com, Senin (7/3/2022).

Selain berbatasan langsung dengan provinsi tetangga, tambah pria yang akrab dengan awak media itu, Desa Tabatan juga memiliki potensi lokal yang sangat khas yaitu kerbau rawa, yang bisa dikembangkan untuk potensi perekonomian maupun pariwisata.

“Kegiatan seperti ini rutin kita laksanakan ke desa – desa di Kecamatan Jenamas, untuk menyerap informasi, permasalahan, dan melihat kondisi langsung di setiap desa sebagai bahan perencanaan program pemerintah kecamatan lebih lanjut,” tutupnya.(rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Mantap! Bumdes Desa Lehai Hasilkan PAD

Barito

Tragis…Penebang Kayu Tewas Ditimpa Pohon

Barito

PDIP Barsel Blusukan Penggalangan dan Kampanye Sugianto – Edi di Bangkuang

Barito

Dandim Buntok : Sasaran Tambahan Merupaka Oper Prestasi

Barito

Menangkan Sugianto -Edi, Hj Yangsi Hartini Blusukan di Desa Tabatan

Barito

Satgas TMMD dan Babinkamtibmas Sosialisasikan 3M di Pasar Sibung

Barito

Dampak Pandemi Covid-19, Realisasi PAD Barsel Turun

Barito

Dua Rumah Berkobar di Barito Utara