Home / Metro Palangka Raya

Rabu, 30 Maret 2022 - 16:53 WIB

Siaga Listrik Selama Ramadan, PLN Kalselteng Siapkan 1.955 Personel 

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres. com – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) menggelar apel siaga Ramadan 1443 Hijriyah, Selasa (29/2/2022). Apel siaga ini bentuk persiapan untuk memastikan pasokan listrik andal jelang Ramadan 1443 H di Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah aman dan berkualitas.

Kegiatan ini serentak dilaksanakan diseluruh Unit Pelaksana tersebar di Wilayah Kerja PLN UIW Kalselteng. Siaga kelistrikan selama Ramadan bertujuan untuk memastikan keandalan dan kecukupan pasokan listrik.

Dalam rangkaian apel ini juga dilaksanakan gelar pasukan dan peralatan pendukung untuk memastikan semua personel dan infrastruktur dalam kondisi siap.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy mengatakan, saat ini sistem kelistrikan Provinsi Kalsel dan Kalteng lebih handal karena sudah interkoneksi dengan sistem Kaltim (Sistem Barito – Mahakam).

“Prediksi beban puncak pada malam Ramadhan dan Idul Fitri sebesar 1.260,5 Mega Watt (MW) dengan daya mampu pembangkit sebesar 1.759,2 MW sehingga kita mempunyai cadangan daya sebesar 498,7 MW atau 28,4%, itu artinya cadangan daya tersebut sangat cukup,” kata Tonny.

Tonny menjelaskan, dari sisi keandalan jaringan distribusi listrik ke pelanggan, dirinya memaparkan kegiatan _care for asset_ menjadi mitigasi risiko yang dilakukan PLN untuk mencegah terjadinya gangguan dengan melakukan upaya preventive maintenance, yakni melakukan pengecekan kondisi aset jaringan listrik, dan perintisan pohon, khususnya di titik rawan yang berpotensi menyebabkan gangguan.

“Perintisan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik sudah kami selesaikan. Masa siaga kami tetapkan mulai tanggal 1 April 2022 hingga 10 Mei 2022, Itu artinya Untuk pemeliharaan rutin saat ini sudah kami hentikan, kami hanya fokus melakukan upaya corrective maintenance saja. Jadi jika ada padam listrik saat ini, itu bukan karena adanya pemeliharaan, murni karena gangguan,” paparnya.

Baca Juga :  Dua Toko Disatroni Pencuri, Uang Rp 9 Juta Raib

Untuk kelancaran pasokan listrik yang andal dan berkualitas PLN UIW Kalselteng mengerahkan sebanyak 1.955 petugas Pelayanan Teknik (Yantek) tersebar di 176 posko yang akan siaga 24 dengan didukung mobilisasi petugas PLN mengerahkan sebanyak 174 unit armada roda 4, serta 103 unit roda 2.

Mendukung kesiapsiagaan petugas tersebut, serta guna upaya meningkatkan percepatan penyelesaian gangguan PLN juga sudah menyediakan 38 Genset, 15 Unit Gardu Bergerak, dan 4 Unit uninterrupted power supply (UPS) untuk menjaga kelancaran dan keandalan pasokan listrik selama periode siaga.

Baca Juga :  Bandar Judi Dagur Tilung Ditangkap Polisi

Dengan adanya penguatan personel, kesediaan peralatan dan material, kehandalan sistem kelistrikan serta SOP yang mendukung, maka PLN optimis dengan kondisi kelistrikan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah selama perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan aman.

“Preventive Maintenance sudah kami lakukan untuk meningkatkan keandalan listrik ke pelanggan, serta kami sampaikan bila masyarakat menemukan potensi gangguan jaringan PLN, atau terjadi padam, bantu kami dengan segera lapor dengan menghubungi melalui Aplikasi PLN Mobile,” ungkap Tonny.

Tonny menambahkan bahwa, PLN berkomitmen supaya pasokan listrik selama ramadhan dapat terus terjaga dengan baik, agar aktivitas dan ibadah masyarakat nantinya dalam keadaan khidmat, nyaman dalam beribadah di bulan Ramadhan.

“PLN mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443H bagi pelanggan PLN yang beragama Muslim, kami yakin dan percaya selama bulan Ramadan dan idul Fitri 1443 H akan berjalan dengan baik, terimakasih bantuan dari rekan-rekan semua selama menjaga pasokan listrik menjelang masa ramadhan,” pungkas Tonny. (adv)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Kejari Pulpis Eksekusi Terpidana Korupsi Proyek Permukiman

Barito

Pengedar Sabu Berpistol Dibekuk Polisi

DPRD Kota

Dewan Ingatkan Pemkot Benahi Penetaan Aset

Hukum Kriminal

Mengaku Anggota, Pria Berambut Cepak Dibekuk Polisi

Metro Palangka Raya

Begini Cara Pelaku Menghabisi Nyawa Bocah SD

Metro Palangka Raya

KPU Kalteng Launching Pilgub Kalteng 2020

Metro Palangka Raya

Sukses Kurangi Emisi Karbon, PLN Sabet Penghargaan BIE of The Year

Metro Palangka Raya

Tanzania Ajak PLN Bangun Sistem Kelistrikan Afrika Timur