Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 22 Maret 2022 - 20:32 WIB

IPHI Diharapkan Jadi Pelopor Pembangunan Bidang Akhlak

Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ketika membuka kegiatan Harlah IPHI Kalteng, Selasa (22/3).

Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ketika membuka kegiatan Harlah IPHI Kalteng, Selasa (22/3).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ke-32 di halaman Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, Selasa (22/3/2022).

Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur H. Sugianto Sabran mengatakan, ikon persaudaraan haji adalah Haji Sepanjang Hayat. Yang bermakna nafas, perbuatan, dan sikap para haji dalam keseharian hidupnya mesti mencerminkan nilai-nilai haji yang selama ini telah dilaksanakan. Diantaranya, nilai  Thawaf,  Sa’i, dan Wukuf.

Hal itulah lanjut dia, yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Para haji bukan hanya menjadi saleh secara individual, tetapi sekaligus juga diharapkan saleh secara sosial.

“Implementasi dari saleh secara sosial itu telah dibakukan melalui program prioritas yang meliputi partisipasi para haji untuk membantu masyarakat di bidang ekonomi, bidang pendidikan, dan bidang kesehatan,” kata Edy.

Sementara terkait potensi ekonomi jamaah haji, ia menyebutkan, bahwa syiar Islam perlu dikembangkan dimasa mendatang demi kemaslahatan umat. Sembari jberharap IPHI dapat menjadi pelopor pembangunan khususnya dibidang pembinaan akhlak dan spiritual.

“Berkaitan dengan potensi ekonomi bagi jamaah haji, saya melihat satu syiar Islam yang perlu kita kembangkan di masa depan, guna kemaslahatan ummat. Selanjutnya, IPHI diharapkan menjadi pelopor pembangunan, utamanya di bidang pembinaan akhlak dan mental spiritual,” tutur Edy.

Baca Juga :  Tinjau Karhutla, Gubernur Terjun Langsung Padamkan Api

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah IPHI Kalteng H. Nuryakin mengatakan, pada prinsipnya tujuan dilaksanakannya Harlah IPHI, sebagai bentuk wujud nyata dan eksistensi serta kiprah keberadaan IPHI khususnya kepengurusan IPHI hasil Muktamar IPHI VII Surabaya pada tanggal 20-22 Agustus 2021 yang lalu dibawah pimpinan H. Ismed Hasan Putro dan H. Abidinsyah Siregar selaku Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PP IPHI.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang selalu memberikan dukungan penuh program IPHI dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus wilayah IPHI Kalteng yang selalu aktif berkontribusi untuk kiprah dan eksistensi IPHI untuk mendukung terwujudnya Kalteng makin BERKAH,” ucap Nuryakin.

Nuryakin menyampaikan laporan bahwa secara nasional, IPHI menggelar kegiatan Gerakan Kepedulian Bersama “Berbagi untuk 32.000 Anak Yatim dan Dhu’afa” sebagai bagian dari peringatan Harlah tahun ini. Adapun IPHI Kalteng, menambahkan pemberian bantuan bagi Pondok Pesantren dan Marbot Masjid Raya Darussalam.

Baca Juga :  Dipimpin Sugianto, Kalteng Berhasil Bangun 82 Pasar Rakyat

“Paket bantuan tersebut berasal dari Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Kalteng sebanyak 435 paket, IPHI Palangka Raya (100 paket), IPHI Barito Utara (100 Paket), IPHI Seruyan (50 paket), IPHI Sukamara (50 paket), IPHI Lamandau (50 paket), dan IPHI Kotawaringin Timur 100 paket), sehingga total bantuan menjadi 885 paket,”ucap Nuryakin.

Untuk 435 paket bantuan dari Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Kalteng, masing-masing diberikan kepada Panti Asuhan Darul Amin (75 orang), Panti Asuhan Budi Mulya (75 orang), Panti Asuhan Narusshalihin (25 orang), Panti Asuhan Hidayatullah (25 orang), Panti Asuhan Berkah (25 orang).

Kemudian, Panti Asuhan Bina Sejahtera (25 orang) Panti Asuhan Al-Mim (25 orang), Panti Asuhan Ayah Bunda (25 orang), Rumah Dhu’afa (25 orang), Rumah Tahfidz Alwafa (25 orang), Pondok Pesantren Hidayatul Insan (25 orang), Pondok Pesantren Raudhatul Jannah (25 orang), serta Marbot dan Petugas Kebersihan Masjid Raya Darussalam (15 orang). (via)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Harga Tiket Mahal, Pemprov Surati Pihak Maskapai

Metro Palangka Raya

Mensos RI Tinjau Korban Banjir Palangka Raya

Pemprov Kalteng

Dalam Waktu Dekat, Kalteng Akan Terima 5.000 Reagen Primer

Pemprov Kalteng

Pasien Positif Covid-19 Kalteng Bertambah 33 Orang

Pemprov Kalteng

Gubernur Harapkan APBD Diarahkan Sektor Infrastruktur

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Harapkan Industri Lokal Kelola SDA

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Sosialisasi Diversifikasi Pangan Lokal Non Beras

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Siap Kucurkan Rp50 M untuk Tangani Corona