Home / Metro Palangka Raya / Pemprov Kalteng

Sabtu, 26 Maret 2022 - 20:38 WIB

Gali Potensi Daerah, Gubernur Kalteng Teken MoU dengan Bali

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres. com -Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran dan Gubernur Bali Wayan Koster menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama tentang Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Sabtu (26/3/2022).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali beserta seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Bali atas sambutan hangat dan luar biasa yang diberikan. Pada kesempatan silaturahmi sekaligus penandatangan naskah kesepakatan bersama ini, Gubernur Sugianto Sabran menjelaskan bahwa kerja sama pembangunan dan pengembangan berbagai potensi daerah, terutama sektor pariwisata, diharapkan dapat lebih mendorong percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalteng dan Bali.

Gubernur mengatakan, percepatan pembangunan di Bumi Tambun Bungai tidak terlepas dari dukungan para warga transmigran asal Bali yang telah berdomisili dan berbaur bersama warga setempat sejak tahun 1961.

Selanjutnya, terkait akselerasi pembangunan, Gubernur Sugianto Sabran menilai pertemuan ini sangat penting dan strategis karena Kesepakatan Bersama yang ditandatangani hari ini merupakan landasan untuk melakukan sinergi program dan mengoptimalkan pendayagunaan potensi masing-masing daerah, baik potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun teknologi, yang diharapkan bisa meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kedua Provinsi.

Adapun kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah tersebut, meliputi sejumlah sektor, yakni: (1) Pariwisata dan Kebudayaan; (2) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); (3) Perdagangan; (4) Pemberdayaan Masyarakat Desa; (5) Perikanan dan Kelautan; (6) Pertanian dan Peternakan; (7) Kehutanan dan Perkebunan; (8) Transmigrasi; dan (9) Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Baca Juga :  Ratusan Warga Mengungsi ke Tenda Posko

“Sektor prioritas pertama kami dalam kerja sama ini adalah pengembangan potensi pariwisata dan kebudayaan,” ungkap Sugianto Sabran.

Gubernur Kalteng itupun menjelaskan bahwa potensi wisata Bali sudah tidak diragukan lagi bahkan di mata dunia. Sementara Kalteng, juga memiliki potensi wisata yang sangat besar, dengan adanya destinasi wisata habitat orangutan terbesar di dunia, yakni Taman Nasional Tanjung Puting, di samping Taman Nasional Sebangau serta potensi sungai, pantai, laut, dan sebagai Wilayah Penyangga Ibu Kota Negara

“Berdasarkan hal tersebut, Kalimantan Tengah saya pandang layak dapat menjadi partner pariwisata Bali ke depan. Kerja sama penerbangan langsung dari Pangkalan Bun-Bali juga mungkin dilakukan guna lebih mempermudah akses wisatawan menuju Taman Nasional Tanjung Puting sebagai pusat rehabilitasi orangutan dan juga Potensi Wisata Hutan Alam dan Air Hitam,”ujarnya.

Selanjutnya, Gubernur Kalteng meminta kepada para Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng yang terkait agar bergerak cepat menindaklanjuti kesepakatan awal ini.

“Lakukan koordinasi dan kolaborasi secara intensif dengan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Bali untuk bersama menyusun langkah-langkah strategis dalam suatu Perjanjian Kerja Sama, sehingga bisa segera mengkreasikan berbagai peluang kerja sama yang dapat mendatangkan manfaat besar terhadap percepatan pembangunan, pertumbuhan perekonomian, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Bali dan juga Kalimantan Tengah,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Baca Juga :  Empat Pengedar Sabu Ditangkap Saat Mengendarai Mobil

Selain Gubernur Bali Wayan Koster, acara hari ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Bali beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah Provinsi Bali.

Hadir mendampingi Gubernur Kalteng, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng, antara lain Kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas PUPR, Kepala Disdagperin, Plt. Kepala Dispenda, Plt. Kepala Disbudpar, Plt. Kepala Disdik, Plt. Karo PBJ, Plt. Karo Kesra, Plt. Karo Umum, dan Plt. Karo Adpim.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menghadiri pertemuan dengan agenda Arahan Presiden kepada Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Daerah, dan Badan usaha Milik Negara tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, bertempat di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3/2022).

Pertemuan yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo ini digelar secara hybrid, yakni secara langsung di Nusa Dua, Bali dengan protokol kesehatan ketat serta secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Sejumlah Pimpinan Lembaga dan Menteri/Pejabat Setingkat Menteri hadir secara langsung, sedangkan beberapa Pimpinan Lembaga dan Menteri/Pejabat Setingkat Menteri lainnya hadir secara daring.

Sementara itu, Direksi/Pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Gubernur/Bupati/Wali Kota se-Indonesia hadir secara langsung di Nusa Dua, Bali. (via)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Harapkan KPU Maksimalkan Partisipasi Pemilih Pemula

Pemprov Kalteng

Gubernur Tolak Perizinan Baru Pertambangan

Pemprov Kalteng

Dinkes Kalteng Peringati HKN ke 57

Metro Palangka Raya

Giliran Pengurus PDI-P Kota Laporkan Akun Linda Taha

Metro Palangka Raya

Aksi Pencurian Pecah Kaca Mobil Digagalkan Bunyi Alarm 

DPRD Kota

Warga Dapil I Minta Perbaikan Jalan

Metro Palangka Raya

Bangun Gedung Baru, UPR Berencana Gandeng Pihak Ketiga

Metro Palangka Raya

Beraksi 20 TKP, Spesialis Begal Payudara Ditangkap Polisi