Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 10 Maret 2022 - 23:21 WIB

Bahas Pembentukan Forum KIM, Diskominfo Kalteng Gelar Webinar

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfosantik Prov. Kalteng) menggelar Webinar “Mekanisme Pembentukan Forum KIM di Kalimantan Tengah”,  di Gedung Smart Province (GSP) Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Kamis (10/3/2022). Webinar berlangsung secara hybrid.

Narasumber dalam Webinar Mekanisme Pembentukan Forum KIM di Kalteng yakni Plt. Kepala Diskominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi yang menyampaikan Materi tentang pemberdayaan Masyarakat Informatif melalui pengolahan Informasi dan Sekretaris Jenderal Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Nusantara Cak Boni yang memaparkan Materi tentang Mekanisme dan Tata CARA Pembentukan Forum KIM Kalteng. Acara ini dipandu oleh Pranata Humas Diskominfosantik Prov. Kalteng Ferawati.

Agus menjelaskan, KIM adalah Lembaga Layanan Publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya, terletak di perkotaan/ pedesaan yang beranggotakan 3 sampai 30 orang, dapat terdiri dari remaja/orang tua, pria / wanita, pelajar / mahasiswa, pedagang / petani / nelayan dan lain-lain.

Agus mengatakan, KIM sebagai simpul komunikasi antara Pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat. Pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dengan dinas-dinas di tingkat Kabupaten atau Kota.

Baca Juga :  Gubernur Buka Festival Budaya Isen Mulang Kalteng

“Forum KIM tidak memiliki hubungan hirarki dengan pemerintah. Forum KIM memiliki hubungan kesetaraan dengan media informasi lainnya dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Sebagai mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan seluruh masyarakat”, tutur Agus Siswadi.

Teknik-teknik pemberdayaan masyarakat informative yang dapat dilakukan mulai dari diseminasi informasi diantaranya Workshop, temu wicara, sarasehan, lokakarya, Anjangsana, Diskusi, Dialog dan Widyawisata. Selain itu, Pendidikan dan latihan, Advokasi (litigasi, paralegal), Mediasi serta  Konsultasi/Konseling.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Forum KIM Nusantara Cak Boni dalam paparannya mengatakan, untuk memberdayakan KIM maka harus dilakukan dengan perubahan tatanan pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi melalui sistem otonomi daerah.

Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu meningkatkan kecepatan dan kualitas akses informasi akan berimplikasi pada pengembangan KIM.

Hal tersebut sesuai dengan hasil WSIS (World Summit on Information Society) atau KTT Masyarakat Informasi di Swiss dan Tunisia yaitu deklarasi yang ingin mewujudkan keinginan bersama dalam mengembangkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk mengatasi kesenjangan digital dalam rangka mewujudkan masyarakat informasi.

Baca Juga :  Bulan Ini Event Gerakan BBI dan BBWI Digelar, Ini Tanggalnya

Sehingga mempermudah koordinasi dan penyaluran informasi yang bersifat Nusantara, maka diperlukan Forum KIM di tingkat Nusantara, sebagai forum untuk mengembangkan KIM dalam rangka memberikan nilai tambah bagi KIM di tingkat desa, kelurahan dan atau kota.

KIM di tingkat Nusantara hadir dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat sebagai wahana penyaluran informasi dan aspirasi masyarakat di berbagai daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pemberdayaan dilakukan melalui proses peningkatan kesadaran masyarakat terhadap akses informasi dan pendayagunaan informasi oleh KIM menuju masyarakat yang sejahtera.

“Berdasarkan hasil pertemuan pada di Surabaya kami dari berbagai KIM yang berada di seluruh wilayah Indonesia.bersepakat untuk membentuk Forum Kelompok Informasi Masyarakat Indonesia yang selanjutnya di beri nama Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat Nusantara,”tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng : Food Estate Wujud Kedaulatan Nasional

Pemprov Kalteng

Plt Gubernur Kalteng Apresiasi Sinergitas Kanwil ATR/BPN Dalam Memaksimalkan PTSL

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng-Pemkab/Kota Bersinergi Tangani Masalah Kemiskinan Akibat Dampak Covid-19

Pemprov Kalteng

Pemprov Berikan Bantuan Produktif Bagi 5000 UMKM Kalteng

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Audiensi dengan KASN

Pemprov Kalteng

Food Estate untuk Ketahanan Pangan Jangka Panjang

Pemprov Kalteng

Dispar Kalteng Gagas Penerapan Perpaduan K3

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Panen Padi di Lahan Rawa Pahandut