Home / Pemprov Kalteng

Minggu, 6 Maret 2022 - 20:56 WIB

22 Mei, Jabatan Dua Kepala Daerah Resmi Berakhir

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Sesuai masa jabatannya, dua kepala daerah di Provinsi Kalimantan Tengah akan berakhir jabatannya di tahun 2022 ini.

Dua kepala daerah dimaksud adalah Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kedua kepala daerah tersebut akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 22 Mei 2022.

Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden mengatakan, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan H. Eddy Raya Syamsuri- Satya Titiek Atyani Djoedir dan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kobar Hj. Nurhidayah-Ahmadi Riansyah dilantik bersamaan oleh Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Isen Mulang pada tanggal 22 Mei 2017 lalu.

“Artinya akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 22 Mei 2022 ini.Sehingga mereka menjabat genap 5 tahun” ucap Herson saat memimpin rapat moitoring terpadu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka persiapan berakhirnya Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan di Restoran AHWA Buntok Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (05/03/2022).

Baca Juga :  Gubernur Harapkan Penyaluran Dana Desa Tepat Sasaran

Rapat monitoring bertujuan memastikan ketepatan jadwal dalam proses mengakhiri masa jabatan Bupati Definitif dengan penetapan Penjabat Bupati. Tahapan proses harus dibahas dengan cermat agar proses mengakhiri jabatan bupati dan wakil bupati sinkron dengan pelantikan penjabat bupati, sehingga tidak ada ruang yang menyebabkan kekosongan pimpinan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah HM. Katma F. Dirun yang hadir bersama tim monitoring provinsi menyebut bahwa kepala daerah yang akan mengakhiri masa jabatannya akan diproses sesuai tahapan yang telah ditentukan.

Diantaranya pengusulan pemberhentian kepala daerah paling lambat 30 (hari sebelum berakhir masa jabatan, sebagaimana Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 120/3262/SJ tanggal 17 Juni 2015. Hal Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, serta pengangkatan Penjabat Kepala Daerah.

“Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 78 ayat (2) disebutkan bahwa kepala daerah dan / atau wakil kepala daerah diberhentikan disebabkan diantaranya karena berakhir masa jabatan. Untuk itu rapat monitoring yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng dengan Pemkab Barito Selatan dan pihak terkait ini, untuk memastikan proses tahapannya berjalan dengan baik, sesuai ketentuan yang berlaku,”ujar Katma.

Baca Juga :  Mendag Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Besar

Proses tahapan usul pemberhentian saat ini sedang berproses, diantaranya Penjabat Sekretaris Daerah atas nama Gubernur Kalimantan Tengah  telah melayangkan surat nomor 100/23/II.1/ PEM-OTDA pada tanggal 31 Januari 2022. Pengajuan Usul Pemberhentian Bupati/Wakil Bupati Barito Selatan dan Bupati/ Wakil Bupati Kotawaringin Barat, yang ditujukan kepada Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan, dan Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam poin 4 surat dimaksud meminta agar DPRD dan Pemerintah Kabupaten masing-masing untuk segera menjadwalkan Rapat Paripurna DPRD dalam rangka mengumumkan peresmian pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan dan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat Masa Jabatan 2017-2022, serta menyampaikan usulan tersebut kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Kalimantan Tengah. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur H Sugianto Sabran Salurkan Bansos Tahap II

Pemprov Kalteng

Gubernur Jawab Tuntas Seluruh Catatan LPJ Pelaksanaan APBD 2019

Pemprov Kalteng

Bappedalitbang dan LPPM UPR Jalin Kerja sama Bidang Penelitian

Pemprov Kalteng

Pemprov Dukung Daerah Zona Merah Terapkan Karantina Wilayah

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dukung Kebijakan Reformasi Birokrasi

Pemprov Kalteng

Gubernur Jalan Sehat Bersama Ribuan Warga Kotim

Pemprov Kalteng

Plt Gubernur kalteng Tuntut Komitmen Sukseskan Pilkada

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Tekankan Keseriusan Atasi Stunting