Home / Pemkab Pulang Pisau / Pemprov Kalteng / Pulang Pisau

Kamis, 24 Februari 2022 - 20:24 WIB

Pemprov Kalteng dan Pemkab Pulpis Sinergi Budidaya Ikan

Kadislutkan Kalteng Darliansjah didampingi Kadiskan Pulang Pisau Riduan saat meninjau lokasi budidaya ikan Kamis (24/2).

Kadislutkan Kalteng Darliansjah didampingi Kadiskan Pulang Pisau Riduan saat meninjau lokasi budidaya ikan Kamis (24/2).

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau sinergi melakukan pengembangan sektor  budidaya perikanan di wilayah kabupaten setempat, dengan melakukan berbagai inovasi.

Hal ini bertujuan untuk menindaklanjuti arahan Gubernur Kalteng H Sugian Sabran yang sebelumnya telah memerintahkan seluruh Kepala OPD termasuk pemangku kepentingan terkait untuk membuat inovasi dan terobosan-terobosan sesuai dengan potensi sumber daya alam daerah masing-masing dalam rangka pemulihan perekonomian Kalteng di tengah pandemi covid-19 ini.

Terobosan dan inovasi yang dilakukan untuk di Kabupaten Pulang Pisau yakni pembangunan Kampung Budidaya Ikan. Kampung Budidaya Ikan ini akan dibangun di Kabupaten Pulang Pisau dengan komoditas Ikan Papuyu (Betok).

“Karena Gubernur yakin bahwa pembangunan Kampung Budidaya Ikan ini bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan produksi perikanan,”kata Kepala Dislutkan Kalteng H. Darliansjah saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Lantik 71 Pejabat PTP dan Administrator

Menurut Darliansjah, Gubernur sangat berkomitmen dan mendukung perngembangan sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah dalam peningkatan produksi perikanan.

“Salah satunya dengan peningkatan produksi ikan lokal yang mempunyai keunggulan, nilai tambah dan daya saing yang pasarnya semakin luas sampai ke pasar global dan bahkan ekspor,” ungkapnya.

Kampung Budidaya Ikan ini merupakan pengembangan dari berbagai jenis komoditas tertentu dari suatu desa atau daerahnya yang mampu meningkatkan kesejahteraan di daerah tersebut.

Pada dasarnya Kampung Budidaya Ikan ini merupakan pengembangan dari komoditas yang sudah ada di daerahnya masing-masing yang menjadi komoditas unggulan dan menjadi ciri khas tersendiri dari daerah tersebut.

Baca Juga :  Bupati Terbitkan Surat Edaran Pencegahan Penyebaran Covid-19 

Dengan dibangunnya Kampung Budidaya Ikan ini diharapkan daerah menjadi lebih fokus dalam peningkatan kinerja sektor kelautan dan perikanan, terutama peningkatan produksi perikanan di Kalteng.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kabupaten Pulang Pisau H. Riduan Syahrani menjelaskan,  bahwa di Desa Mantaren II ini, terdapat 54 Rumah Tangga Perikanan (RTP) Budidaya Ikan dan 169 kolam serta memiliki 4 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

“Pemkab Pulang Pisau sangat mendukung dengan adanya program Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Desa Mantaren II ini, dan telah menganggarkan dana untuk pembangunan Kampung Budidaya Ikan tersebut, harapannya dengan adanya dukungan dari semua pihak maka pembangunan Kampung Budidaya Ikan Papuyu ini dapat segera terealisasi,”kata Riduan Syahrani. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pulang Pisau

Dihajar Truk Tangki, Pengendara Motor di Pulpis Tewas di TKP

Pemprov Kalteng

Mendag RI dan Sekda Kalteng Buka Bazar Night Market UMP

Pemprov Kalteng

Desk Pilkada Kalteng Dibentuk

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan 2000 Paket Beras Subsidi di Mura

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah di Katingan

Pemprov Kalteng

Gubernur Siapkan Tiga Ruang Karantina

Pulang Pisau

Pikap Bermuatan 16 Penumpang Terbalik, Dua Orang Tewas di TKP

Pulang Pisau

Bobol Sekolah, Dua Pemuda Pulpis Dibekuk Polisi