Home / Pemprov Kalteng

Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:22 WIB

Pemda se-Kalteng Diminta Genjot Sektor Perindag

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrin Prov. Kalteng Aster Bonawaty saat menyampaikan laporannya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrin Prov. Kalteng Aster Bonawaty saat menyampaikan laporannya.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com– Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng. Rakor berlangsung di Hotel Brits Pangkalan Bun, Kamis (17/2/2022).

Rapat ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah. Dalam sambutannya, Hj. Nurhidayah mengatakan, Rapat Koordinasi Bidang Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2022 kali ini mengambil tema “Penguatan Perdagangan dan Perindustrian Dalam Meningkatkan Pertumbuhan dan Pemulihan Ekonomi Menuju Kalteng Semakin Berkah”.

“Saya sangat mengapresiasi atas kehadiran undangan dalam rapat koordinasi ini yang. Rapat ini bertujuan untuk mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi program pembangunan sektor perdagangan dan perindustrian antara pemerintah pusat, provinsi dengan kabupaten/kota dalam rangka mendukung percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan bidang perdagangan dan perindustrian se-Kalteng menuju Kalteng Semakin Berkah”, kata Bupati Kobar Hj. Nurhidayah saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Baca Juga :  Sugianto Sabran : Kalau Ada Jalan Berlobang, Segera Tutup

Nurhidayah berharap peran Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mendorong pembangunan di bidang perdagangan dan perindustrian di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan Pemerintah Pusat.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2021 yang lalu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik nilai ekspor bersih perdagangan Kalteng surplus sebesar USD 3.050 juta, melampaui target yang ditetapkan yaitu USD 1.050 juta, sehingga persentase capaiannya adalah sebesar 290,47%.

“Fakta ini sangat membanggakan kita dan agar bisa dipertahankan”, imbuhnya.

Di sisi lain, nilai inflasi Provini Kalteng pada 2021 tercatat 3,32% lebih rendah dari target yang ditetapkan sebesar 3,5%. Dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tahun 2021 sebesar 3,40%. Hal ini menunjukan bahwa nilai inflasi Kalteng masih terkendali, tidak ada lonjakan harga yang berubah drastis atau signifikan.

Sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Daerah, diharapkan dinas perdagangan dan perindustrian baik di Provinsi maupun Kabupaten / Kota di Kalteng untuk lebih meningkatkan sektor perdagangan melalui peningkatan ekspor komoditi unggulan, pemantauan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting, serta mengoptimalkan pasar penyeimbang ntuk pengendalian inflasi daerah.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Raih 8 Kali WTP

Selain itu, Pemerintah Daerah terutama dinas perdagangan dan perindustrian harus berperan aktif dalam perlindungan konsumen, dengan memberikan sosialisasi mengenai perlindungan konsumen kepada masyarakat.

“Saya juga mengimbau untuk mempromosikan produk unggulan daerahnya dalam kegiatan-kegiatan pameran, salah satunya pada Kalteng Quality Expo Tahun 2022 yang rencananya akan diselenggarakan untuk menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-65 tahun”, tambahnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrin Prov. Kalteng Aster Bonawaty selaku ketua pantia penyelenggara mengatakan, maksud dan tujuan dari Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng ini untuk menyamakan persepsi dan mensinergikan alur pikir pelaksanaan program dan kegiatan di Bidang Perdagangan dan Perindustrian Tahun Anggaran 2022.

Selain itu, rencana kegiatan Tahun Anggaran 2023 serta isu-isu strategis sehingga terdapat kesamaan langkah untuk mewujudkan pembangunan Kalteng yang semakin berkah. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng Serahkan LKPD 2023 ke BPK RI

Kapuas

Pemprov Kalteng Vaksinasi Massal Pelajar Kapuas

Pemprov Kalteng

Gubernur Ajak Warga Tetap Patuhi Prokes

Pemprov Kalteng

Kalteng Quality Expo 2019 Resmi Dibuka

Pemprov Kalteng

Pemprov Peringati Hari Jadi Kalteng ke 66

Pemprov Kalteng

KTE Sukses Sedot Perputaran Uang Capai Rp 19,9 Miliar

Pemprov Kalteng

Masyarakat Diminta Tingkatkan Kualitas SDM 

Pemprov Kalteng

Dua Petugas Kesehatan Positif Terpapar Covid-19