Home / Pemko Palangka Raya

Rabu, 2 Februari 2022 - 12:52 WIB

Karhutla Mulai Terjadi di Palangka Raya

Petugas BPBD Kota Palangka Raya saat melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar.

Petugas BPBD Kota Palangka Raya saat melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Palangka Raya sudah mulai terdeteksi. Pasalnya, beberapa hari ini BPBD dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng telah menangani kebakaran lahan seluas 1 hektare di Jalan Karanggan, Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Pahandut.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan, kejadian karhutla tersebut pada awalnya berasal dari laporan masyarakat yang melihat asap hitam membumbung tinggi di sekitar lokasi kejadian sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca Juga :  Wali Kota Palangka Raya Lantik Pengurus PHBI

Tak perlu waktu lama, BPBD langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman dan pembasahan lahan yang terbakar untuk mencegah api semakin meluas.

“Untuk penyebab kebakaran, masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Tanah gambut dan vegetasi yang terbakar berhasil dipadamkan oleh tim di lapangan satu jam kemudian, dengan memanfaatkan sumber air dari parit sekitar,” kata Emi, Selasa (2/2/2022).

Baca Juga :  Palangka Raya Raih Penghargaan KLA 2022

Emi menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota saat ini telah berkoordinasi bersama pemerintah provinsi, TNI/Polri, relawan bahkan hingga tingkat kelurahan sebagai upaya mencegah terjadinya karhutla.

“Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) di setiap kelurahan tengah kita persiapkan. Ke depannya kita akan segera melakukan rapat membentuk Tim Karhutla untuk pencegahan terlebih dahulu, bagaimana agar jangan sampai ada warga yang membakar lahan. Apalagi saat ini kondisi cuaca panas,” ujarnya. (as)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Sebelas Bulan, Terjadi 51 Kali Kebakaran Pemukiman

Pemko Palangka Raya

Wali Kota Palangka Raya Buka Bimtek LP2D

Pemko Palangka Raya

Pemko Optimalkan Sosialisasi Vaksin Booster

Pemko Palangka Raya

Pemko Palangka Raya Perpanjang PPKM Level 4

Pemko Palangka Raya

Persiapkan Diri Diajang MTQ Kalteng

Pemko Palangka Raya

Ini Tarif Baru PCR di Kota Palangka Raya

Pemko Palangka Raya

Keberadaan ADM Permudah Urusan Adminduk

Pemko Palangka Raya

UMKM Mulai Terapkan Layanan Sistem QRIS