Home / DPRD Kotim

Rabu, 2 Februari 2022 - 21:27 WIB

Dewan Minta Keberadaan TKA Terus Diawasi 

Anggota DPRD Kotim Parimus.

Anggota DPRD Kotim Parimus.

SAMPIT, KaltengEkspres.com -Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Parimus meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim untuk terus melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja asing (TKA) yang masuk ke wilayah Kotim. Hal ini guna mencegah masuknya TKA ilegal ke wilayah Kotim.

“TKA yang masuk ke Indonesia itu bisa saja menggunakan penyalahgunaan izin. Mereka bisa saja masuk wilayah Kotim ini mengingat berbagai peluang investasi ada di daerah kita,”kata Parimus, Selasa (2/2/2022).

Baca Juga :  Dewan Sorot PJU yang Tidak Berfungsi

Parimus mencontohkan salah satu bentuk penyalahgunaan izin misalnya ketika seorang pekerja mengajukan izin bekerja di perusahaan perkebunan A, tetapi kenyataannya di perusahaan C .

“Di dalam izinnya tertulis bekerja perusahaan A tapi di lapangan jadi B. Di izinnya bekerja sebagai ahli pertambangan dan lain sebagainya eh ternyata dia disini kerjanya dilapangan bagian pengawasan saja. Ini artinya sudah pelanggaran tidak sesuai dengan izin mereka,’kata dia.

Baca Juga :  Dewan Dorong Penetapan Kawasan Hutan Adat

Parimus mengakui pihaknya sampai saat ini tidak pernah mengetahui berapa jumlah tenaga kerja asing yang masuk Kotim. Karena data tersebut ada di Dinas Tenaga Kerja dan Kantor Imigrasi setempat.

“Kami juga kesulitan karena tidak pegang data itu. Seandainya ada kita mudah mengawasi mereka misalnya di pabrik A. tapi dalam praktiknya jadi orang pertambangan nah ini bisa kita bantu untuk melaporkan,”tandasnya. (Ry/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Pemkab Kotim Tingkatkan Penanganan Tengkes

DPRD Kotim

Jalan Pasar Sejumput Ketapang Harus Diperbaiki

DPRD Kotim

Raperda Perpustakaan Harus Segera Dibahas

DPRD Kotim

Ketua DPRD Kotim Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

DPRD Kotim

Dewan Imbau Masyarakat Kotim Jangan Panik Menyikapi Virus Corona

DPRD Kotim

Dukung Percepatan Berdirinya Pabrik Penggilingan Padi Modern

DPRD Kotim

Dewan Kritisi Tumpahnya CPO ke Sungai Mentaya

DPRD Kotim

Dewan Apresiasi Diresmikannya MPP Kotim