Home / Kobar

Rabu, 23 Februari 2022 - 20:38 WIB

Bandar Arisan Bodong Dijerat 4 Tahun Penjara

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Penipuan arisan bodong Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)yang dilakukan IWD, jumlahnya bisa mencapai puluhan orang, ditambah orang lain yang tertipu berasal dari sejumlah daerah di luar Pangkalan Bun.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono mengatakan, pelaku memperdayai para korban dengan trik menarik untuk memikat mangsanya. Namun uang arisan bodong ini digunakan untuk keperluan pribadinya membeli barang-barang.

Sebagian juga ada buat pembayaran hutang-hutangnya dari pembayaran yang lain-lain, yang bersangkutan punya hutang dan segala macam, dan juga ada yang minjam dan segala macam dan itu di habiskan itu semuanya.

Baca Juga :  Wow! 14 Hari Terjaring 1.300 Pelanggar Lalin

‘Tersangka IWD ini membuka dan menawarkan Arisan Get 25 juta dengan setoran perbulan sebesar Rp.1 juta system Goncangan Kocokan selama 25 bulan,” Kapolres.

Kemudian para korban mengikutinya dan membuat Grup Arisan Get 25 juta di Akun Whatsapp dan Para Korban terlebih dahulu harus menyetorkan uang kepada tersangka, dan setiap tanggal 12 perbulannya Arisan Get 25 Juta tersebut dilakukan goncangan.

“Setiap para Korban sudah menyetorkan uang kepada tersangka sebanyak 19 kali dengan cara transfer ke Rekening tersangka, setiap tanggal 12 Perbulannya Tersangka juga melakukan Goncangan atau kocokan arisan dengan cara Live di Akun Facebook pribadinya dengan nama akun IKA DEE,”ujar Kapolres.

Baca Juga :  Sugianto Janji Percepat Pembangunan Infrastruktur

Kapolres menjelaskan, bahwa arisan goncangan get 25 juta ini sudah berjalan selama 19 bulan dan nama para korban belum ada keluar namun Tersangka menghentikan arisan tersebut secara sepihak dengan cara mengeluarkan para Korban di dalam Grup Arisan yang dibuat di Whatsapp.

Adapun uang korban digunakan tersangka untuk menutupi uang arisan lainnya yang diadakan tersangka dan digunakan untuk keperluan pribadi tersangka. Akibat ulahnya ini, pelaku dikenakan Pasal 378 KUH Pidana Dan Atau Pasal 372 KUH Pidana Ancaman Pidana 4 tahun penjara. (yr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kobar

Dewan Dorong Dinas Terkait Segera Perbaiki Drainase Tersumbat

Kobar

Pemerintah dan DPR Bersinergi Kembangan IKM di Daerah

Kobar

Dua Komplotan Pengedar Sabu Diringkus Polisi

Kobar

Tim Satgas Kobar Jaring 7 Pelanggar Prokes

Kobar

Pasca Pilkada, Polisi Perketat Pengamanan Kantor KPU

Kobar

Apes!! Asik Ngamar, Tujuh Pasangan Mesum Terciduk Razia Narkoba Tim Gabungan

Kobar

Aksi Komplotan Maling Onderdil Terekam CCTV 

Kobar

Kerap Lakukan Pengancaman, IRT Dilaporkan ke Satpol PP