Home / Kobar

Sabtu, 1 Januari 2022 - 20:34 WIB

Ribuan Pengunjung Pantai Kubu Dipaksa Putar Balik 

Petugas saat menyuruh putar balik pengunjung objek wisata Bugam Raya, Sabtu (1/1/2022).

Petugas saat menyuruh putar balik pengunjung objek wisata Bugam Raya, Sabtu (1/1/2022).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ribuan pengunjung wisata Pantai Kubu dan Keraya (Bugam Raya) Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang hendak menikmati liburan di pantai setempat dipaksa putar balik oleh petugas gabungan, Sabtu (1/1/2022).

Sebagian wisatawan terpaksa putar balik di pos penyekatan yang berada di Bundaran Bahari Kumai, lantaran daya dukung (carrying capacity) tempat wisata tersebut sudah terpenuhi.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kobar, Sukardi mengatakan, tim Satgas Covid-19 Kobar melakukan pembatasan jumlah kunjungan ke lokasi wisata.

Baca Juga :  Truk Dilarang Melintasi Jalan Pangkalan Bun - Kolam

Menurutnya, hal ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Mengacu pada aturan yang berlaku, kita berlakukan sesuai dengan carrying capacity yang jumlahnya 50 persen dari daya dukung wisata tersebut atau setara dengan 2.913 orang,”ucapnya.

Baca Juga :  Dokter Spesialis Paru Paparkan Bahaya Pemakai Rokok Elektrik

Jika carrying capacity yang tercatat dalam aplikasi pedulilindungi sudah terpenuhi, maka wisatawan diarahkan menuju destinasi wisata yang lainnya.

Namun demikian, bagi masyarakat yang berdomisili di kawasan Bugam Raya tetap diperbolehkan melintas, dengan syarat menunjukan kartu identitasnya.

“Pembatasan ini hanya diberlakukan sampai dengan tanggal 2 Januari 2022. Aktivitas pembatasan melibatkan unsur TNI-Polri, BPBD, Dishub dan Satpol PP,”tandasnya. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Depresi, Seorang Pria Bersajam Mengamuk

Kobar

Pengurus FPI Kobar Diisukan Terbentuk

Kobar

Ratusan Sapi dari Bali Didatangkan ke Kobar

Kobar

Pengedar Sabu Jaringan Kalbar Dibekuk Polisi 

Kobar

Pemohon SIM di Kobar Meningkat Capai 25 Persen

Kobar

Astaga!! Tiga Napi Terorisme “Diungsikan” ke Kalteng

Kobar

Pelaku Curanmor Pangkalan Lada Diringkus Polisi

Kobar

Mulai 6 Mei, Pemudik Dilarang Masuk Kobar