Home / DPRD Kotim

Sabtu, 22 Januari 2022 - 20:47 WIB

Pencabutan Izin HGU Harus Berdampak Positif ke Masyarakat

SAMPIT, KaltengEksptes.com – Anggota Komisi II DPRD Kotim M Abadi berharap percabutan izin HGU baik itu pertambangan maupun perkebunan kelapa sawit di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) harus berdampak positif bagi kehidupan ekonomi masyarakat sekitar bukan justru sebaliknya .

“Kita juga berharap agar hal ini tidak merugikan daerah, maka dari itu pencabutan izin HGU tersebut harus benar-benar jelas efek manfaatnya untuk daerah juga masyarakat sekitar perusahan,” kata Abadi baru-baru ini.

Menurutnya, pencabutan izin ini jangan hanya sebatas ganti baju dari manajemen sebelumnya ke manajemen yang sama. Tentunya paling penting adalah bagaimana efek dari pencabuatan izin ini membawa azas manfaat bagi masyarakat yang selama ini menuntut plasma kelapa sawit.

Baca Juga :  Dewan Sebut Anggaran Kotim Hanya Bergantung Dana DAU

Karena masyarakat sangat berharap ada kebijakan yang menguntungkan untuk masyarakat sekitar perusahan terutama yang selama ini perusahannya belum melaksanakan pola kemitraan kepada mereka.

Legislator PKB ini mengaku mendukung langkah mementrian KLHK dalam pencabutan izin HGU kepada sejumlah perusahaan tersebut, dengan cacatan jangan hanya selesai dipencabutan saja, namun harus benar-benar jelas nantinya apakah lahan yang dicabut izinnya itu akan diberikan kebijakan untuk daerah yang mengelola atau nantinya akan dilakukan lelang.

Baca Juga :  DPRD Kotim Sepakat Tunda Reses Perseorangan

“Kita tidak anti investor, karena biar bagaimana pun dengan adanya invesotor ini, daerah juga menjadi cepat maju dan berkembang. Namun yang kita harapakan adalah investor yang benar-benar taat terhadap aturan serta mau berkomitmen dalam membangunan daerah, salah satunya membangun ekonomi kerakyatan dengan progam-program pola kemitraan serta menyalurkan SCR yang tepat guna pada sasarannya,” tegas Abadi. (Ry)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Kasus Ijazah Palsu Jadi Pelajaran

DPRD Kotim

Aparat Harus Sinergi Awasi Kenakalan Remaja

DPRD Kotim

Dewan Soroti Lonjakan Pendatang Baru Pasca Mudik Lebaran

DPRD Kotim

Dewan Desak Pemkab Kotim Gunakan Dana BTT Untuk Tangani Covid-19

DPRD Kotim

Truk Diingatkan Jangan Parkir Sembarangan

DPRD Kotim

Komisi IV Sidak Tempat Pengolahan Air PDAM di Cempaga

DPRD Kotim

Perusahaan Sawit Harus Perhatikan Limbahnya

DPRD Kotim

Dewan Dorong Aparatur Desa Siapkan Dokumen Pencairan DD