Home / Katingan

Selasa, 4 Januari 2022 - 14:31 WIB

OPD Katingan Diminta Maksimal Gali PAD

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Hasil pembahasan Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Katingan khususnya target OPD Pemkab Katingan dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2019 dan 2020 lalu, belum maksimal.

Terkait hal ini, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono, berharap kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan agar lebih maksimalkan target PAD. Pasalnya, ada beberapa OPD lainnya masih jauh dibawah target.

Menurutnya, kendala yang menjadi penyebab belum terpenuhinya target PAD di beberapa OPD dimaksud, diantaranya selain masih ada sebagian infrastruktur jalan darat di wilayah kecamatan yang belum terkoneksi.

Baca Juga :  Endang : Siap Maju Pilkada 2024 Jika Didukung Partai 

“Disamping itu kurangnya inovasi dari OPD itu sendiri,”kata Rudi Hartono, Selasa (4/1/2022).

Sementara, penyebab wilayah yang belum terkoneksi ruas jalan darat dimaksud seperti di wilayah Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala bagian selatan serta di wilayah kecamatan Bukit Raya di bagian utara.

Hal ini merupakan kendala ketika masyarakat dalam mengurus dan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD). Begitu juga dengan mengurus dan membayar Izin Mendirikan Bangunan (IMB), baik rumah sebagai tempat tinggalnya maupun IMB sarang burung wallet.

Baca Juga :  Tabrak Avanza, Ibu Hamil dan Dua Anaknya Tewas di tempat 

“ Kita pasti tahu, uang transporpasinya jauh lebih besar dari pada kewajiban membayar PBB-nya. Saya berharap OPD yang menangani masalah PBB dan IMB ini, selain melakukan jemput bola, dengan cara menurunkan langsung stafnya ke wilayah kecamatan, juga mencari solusi lainnya. Sehingga, masyarakat di desa-desa dan di kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten,” tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Putus Asa, Seorang Pemuda di Katingan Nekat Gantung Diri 

Katingan

DPRD Katingan Setujui APBD Perubahan Tahun 2022

Katingan

Perlu Percepat Proses Lelang

Katingan

Dua TPS Disiapkan Bagi Warga Binaan Lapas Narkotika Kasongan

Katingan

Rumah Dinas Nakes Ambruk Direndam Banjir

Katingan

Sakariyas Lantik Plt Sekda dan Pejabat Administrator

Katingan

Ketua DPRD Berharap ASN Tidak Menambah Libur

Katingan

Mantap.!! Cegah Pergaulan Negatif, Karang Taruna Katingan Bakal Gelar Lomba Panjat Tebing Regional Kalimantan