Home / DPRD Kobar

Selasa, 25 Januari 2022 - 23:08 WIB

DPRD Kobar Usul Dua Ranperda Inisiatif

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengusulkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif sebagai salah satu fungsi legislasi.

Dua ranperda tersebut antara lain tentang pelayanan Kesehatan Tradisional dan Pembentukan dan pengelolaan badan usaha pelabuhan.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kobar, Muhammad Asim mengatakan, sebenarnya ada 7 Ranperda inisiatif DPRD yang akan di bahas dalam 3 tahapan masa sidang. Namun pada masa sidang kali ini ada dua yang akan di bahas.

Dua ranperda tersebut, yakni Ranperda tentang Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan dianggap sangat penting untuk diperdakan agar secara khusus mengatur dan menyesuaikan kultur sosial budaya yang ada di wilayah Kabupaten Kobar.

Baca Juga :  Komisi A DPRD Kobar Soroti Sapras Pendidikan yang Rusak Parah

Dengan adanya landasan hukum nantinya agar sistem kepelabuhan bisa terintegrasi dan secara komprehensif dapat mengoptimalkan fungsi pelabuhan.

“Sesuai potensi sumber daya alam di Kabupaten Kobar sangat tepat termasuk luasnya wilayah pesisir membutuhkan pengelolaan yang baik sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan,”ungkapnya.

Selain itu masyarakat juga dapat memperoleh pelayanan sosial, sehingga pemda harus memiliki langkah strategis yang muaranya bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Maka kehadiran badan usaha pelabuhan diharapkan membawa dampak bagus.

Baca Juga :  Pengusaha Penggilingan Daging Diminta Patuhi Relokasi

Kemudian berkaitan Ranperda Pelayanan Kesehatan Tradisional, dipandang juga sangat penting sebagai investasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelayanan kesehatan tradisional dimaksud adalah pengobatan dan perawatan mengacu pada pengalaman, keterampilan atau keahlian turun temurun.

Pelayanan kesehatan tradisional ini sering kali menjadi alternatif masyarakat selain pengobatan secara medis.

“Melalui Ranperda ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sekaligus ada tanggung jawab bagi pelayanan kesehatan tradisional,”jelasnya. (yr)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Kobar

Sering Terjadi Lakalantas, Dewan Minta Perempatan Depan Beringin Rindang Ditutup

DPRD Kobar

Dewan Dukung Program Pembangunan Daerah

DPRD Kobar

Dewan Minta Pengamanan di Lokasi Arus Mudik Ditingkatkan

DPRD Kobar

Masyarakat Desa Sungai Tendang Minta Gorong-Gorong Diperbaiki

DPRD Kobar

Komisi A DPRD Kobar Soroti Sapras Pendidikan yang Rusak Parah

DPRD Kobar

Dewan Apresiasi Pelayanan Kesehatan Milik Perusahaan

DPRD Kobar

Dewan Dukung Revisi Perda RTRW Kobar

DPRD Kobar

Komisi B Bahas Dua Raperda Program SaprasĀ