Home / DPRD Barito Selatan

Sabtu, 11 Desember 2021 - 08:38 WIB

DPRD Minta Pemkab Optimalkan Fungsi Drainase

Buntok,Kaltengekspres.com – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ensilawatika Wijaya meminta Pemerintah Daerah (Pemda), agat dapat mengoptimalkan fungsi drainase dengan melakukan pemantauan drainase berfungsi dengan baik untuk mencegah terjadinya banjir.

“Kami minta dinas terkait seperti PUPR atau dinas terkait lainnya, untuk mengawasi dan memperbaiki jika ada drainase sesuai kewenangannya, yang dalam kondisi rusak sehingga berfungsi baik saat musim hujan ini,” katanya, Jum’at (10/12/2021).

Baca Juga :  Pemkab Dihimbau Gelar Sidak Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru

Ia menjelaskan, pengecekan fungsi drainase tersebut penting untuk dilakukan, pasalnya di tengah musim hujan saat ini. Jika ada drainase yang tidak lancar, maka hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir atau genangan air.

Untuk itu, perlu adanya pengawasan secara berkala yang dilakukan dinas terkait khusus di kawasan yang rawan terjadinya banjir.

“Pengawasan berkala harus dilakukan apalagi saat ini curah hujan tinggi dan harus diantisipasi terjadinya banjir. Selain fungsinya, pembuatan drainase juga harus sesuai estetika sehingga nyaman dilintasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Sejumlah Anggota DPRD ini Apresiasi Pemkab Barito Selatan Dapatkan Sejumlah Penghargaan

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak menimbun saluran drainase. Pasalnya pihaknya kerap menemukan adanya masyarakat, sengaja menimbun saluran drainase, dengan alasan untuk memperluas halaman.

“Hal seperti ini yang justru bisa menyebabkan banjir. Apalagi kalau saluran drainase itu dipenuhi dengan sampah. Mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita agar tidak terjadi banjir,” Tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Harapkan Kades dan BPD Kompak

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel Ini Minta Sektor Pertanian Terus Dikembangkan

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Pekerja Harian Diberi Bantuan

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Konsultasi Reperda Pajak Retrebusi ke Kemendagri

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Ini Harapkan Generasi Muda Terus Lestarikan Kearifan Lokal

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta TAPD Cermati Hitungan PAD dan SILPA

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Minta Pemkab Tertibkan Jam Operasional Angkutan CPO

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel akan Segera Lakukan Proses PAW