Home / DPRD Barito Selatan

Sabtu, 11 Desember 2021 - 08:38 WIB

DPRD Minta Pemkab Optimalkan Fungsi Drainase

Buntok,Kaltengekspres.com – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ensilawatika Wijaya meminta Pemerintah Daerah (Pemda), agat dapat mengoptimalkan fungsi drainase dengan melakukan pemantauan drainase berfungsi dengan baik untuk mencegah terjadinya banjir.

“Kami minta dinas terkait seperti PUPR atau dinas terkait lainnya, untuk mengawasi dan memperbaiki jika ada drainase sesuai kewenangannya, yang dalam kondisi rusak sehingga berfungsi baik saat musim hujan ini,” katanya, Jum’at (10/12/2021).

Baca Juga :  Pasca Bencana Kalsel, Dewan Minta Pemkab Antisipasi Kenaikan Harga

Ia menjelaskan, pengecekan fungsi drainase tersebut penting untuk dilakukan, pasalnya di tengah musim hujan saat ini. Jika ada drainase yang tidak lancar, maka hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir atau genangan air.

Untuk itu, perlu adanya pengawasan secara berkala yang dilakukan dinas terkait khusus di kawasan yang rawan terjadinya banjir.

“Pengawasan berkala harus dilakukan apalagi saat ini curah hujan tinggi dan harus diantisipasi terjadinya banjir. Selain fungsinya, pembuatan drainase juga harus sesuai estetika sehingga nyaman dilintasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Barsel Ajak Masyarakat Tangkal Hoax

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak menimbun saluran drainase. Pasalnya pihaknya kerap menemukan adanya masyarakat, sengaja menimbun saluran drainase, dengan alasan untuk memperluas halaman.

“Hal seperti ini yang justru bisa menyebabkan banjir. Apalagi kalau saluran drainase itu dipenuhi dengan sampah. Mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita agar tidak terjadi banjir,” Tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Kesadaran Masyarakat Gunakan Masker di Barsel Masih Rendah

DPRD Barito Selatan

Pansus DPRD Barsel Finalisasi LKPJ Tahun 2019

DPRD Barito Selatan

Masyarakat Desa Harapkan Penerangan Jalan Umum

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Bakal Panggil BKPSDM

DPRD Barito Selatan

Penerangan Jalan Umum Masih Dikeluhkan Warga

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Pembangunan Desa Dapat Berkelanjutan

DPRD Barito Selatan

Dewan Minta Pemkab Barsel Evaluasi Pengelolaan Aset

DPRD Barito Selatan

Ketua DPRD Barsel Apresiasi Kinerja Polres dan Kodim Dalam Penanggulangan Covid-19