Home / Lamandau

Sabtu, 4 Desember 2021 - 13:42 WIB

Bupati Lamandau Tanam Bibit Kopi Robusta di Desa Kahingai

Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menanam perdana bibit pohon kopi robusta.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menanam perdana bibit pohon kopi robusta.

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Bupati Lamandau Hendra Lesmana melakukan penanaman perdana secara simbolis bibit pohon kopi robusta di UPT Desa Kahingai Kabupaten Lamandau, Jumat (3/12/2021). Bibit pohon kopi yang adakan bersumber dari dana APBN ini, ditanam berjumlah 100 ribu batang, di lahan seluas 100 hektar.

Hendra dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon kopi ini merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau dalam mewujudkan misi ke-3 yaitu memperkuat kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan dan kelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga :  Rakorda BWI Se-Kalteng Digelar di Lamandau

“Dalam implementasi program Perluasan Tanaman Kopi di Kabupaten Lamandau telah dilakukan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan 3 pihak dan perjanjian kerjasama antara Kementerian Transmigrasi, Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, Pemerintah Kabupaten Lamandau dan PT. Sulotco Jaya Abadi pada bulan Nopember 2020 tahun lalu,”ungkapnya.

Program pengembangan tanaman kopi di UPT Desa Kahingai ini lanjut dia, dalam rangka mendukung program nasional food estate di Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Bunda Paud Kabupaten Hj. Rusdianti Hendra Lesmana juga menyerahkan bantuan paket sembako dan alat tulis kepada masyarakat serta anak-anak di desa Kahingai.

Baca Juga :  Bupati Salurkan Hibah Masjid dan Tali Asih

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Pelayanan Investasi Ditjen Pengembangan ekonomi dan investasi Desa, Daerah tertinggal dan transmigrasi, Dr. Supriadi, Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi perkebunan Medan, dan Unsur Forkopimda.

Ditempat yang sama Kepala Distakan dalam laporannya mengatakan, tujuan pengembangan kopi robusta di UPT Desa Kahingai untuk membangun kebun tanaman kopi robusta sebagai komoditas alternatif yang dapat memberikan sumber pendapatan utama bagi masyarakat setempat. (by)

Share :

Baca Juga

Daerah

Safari Ramadan Ajang Serap Aspirasi Masyarakat

Lamandau

Hendra Serahkan Bantuan Hibah kepada 9 Kelompok UMK

Lamandau

Kejari Lamandau Musnahkan Barbuk Narkoba

Daerah

Peningkatan Kualitas SDM Jadi Fokus Pembangunan di Lamandau

Lamandau

Kapolsek Bulik Imbau Masyarakat Gunakan Medsos dengan Bijak

Daerah

Selesaikan Sengketa Lahan Melalui Restorative Justice

Lamandau

Wabup Lamandau Serahkan DIPA ke 10 Instansi Vertikal 

Lamandau

Pembunuh Istri dengan Cara Sadis Tewas Ditangan Kerabat