Home / Kobar

Rabu, 22 Desember 2021 - 19:01 WIB

Bandar Arisan Bodong Diciduk Polisi

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Arsel, Rabu (22/12/2021).

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Arsel, Rabu (22/12/2021).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pelarian seorang wanita berinisial TE warga Gang Delima Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan (Arsel) berakhir di Mapolsek Arsel.

Bandar arisan bodong ini ditangkap anggota Polsek Arsel di sebuah kafe di Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kobar, Selasa (20/12/2021) malam.  Ia ditangkap, setelah sebelumnya ditetapkan tersangka penggelapan uang arisan milik sejumlah warga, senilai total Rp. 60 juta.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Kapolsek Arut Selatan Kompol Saiful Anwar mengatakan, penangkapan terhadap pelaku ini berawal saat pihaknya mendapat laporan dari korban.

Menindaklanjuti laporan korban ini, anggota kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku yang saat itu sedang nongkrong di kafe.

Baca Juga :  Luar Biasa! Polisi Ini Sebar Maklumat Kapolda ke Desa Terpencil

“Modus tersangka ini, dengan menawarkan arisan kepada warga dengan bayar murah, namun mendapatkan keuntungan cukup besar. Setelah banyak yang ikut, uang arisan yang seharusnya diterima warga tidak dibayar. Malah dibawa kabur oleh pelaku, bahkan korbannya tidak hanya satu orang, melainkan ada beberapa orang warga,”ungkap Kapolsek, Rabu (22/12/2021).

Selama ikut arisan tersebut lanjut Kapolsek, para korban tidak pernah tatap muka. Melainkan hanya sistem online dengan pelaku. Karena tergiur keuntungan besar, para korban bersedia mengirim uang ke pelaku. Sehingga mengalami mengalami kerugian total Rp 60 juta.

Baca Juga :  Sehari Hilang, Pemancing Ditemukan Tak Bernyawa

“Awalnya arisan ini sendiri berjalan cukup lancar, setelah berjalan empat hingga enam bulan keuntungan yang didapat ternyata tidak kunjung datang,”ujarnya.

Saat korban mencoba melakukan penagihan dan meminta kejelasan dari pelaku, namun selalu berbelit-belit. Bahkan setiap ditemui selalu menguyarakan berbagai alasan dan memberikan janji-janji palsu.

“Ketika para korban mendatangi ke rumah pelaku, ia malah menghilang tidak diketahui keberadaanya. Terakhir berhasil ditangkap di salah satu kafe,”papar Kapolsek.

Kapolsek mengimbau kepada korban lainnya, untuk melaporkan jika memang turut menjadi korban pelaku. Lantaran saat ini pelaku masih dalam proses menjalani pemeriksaan untuk pengembangan terhadap kasusnya. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Apes…Pesta Sabu, Tiga Warga Kumai Terciduk

Kobar

Tak Terawat, Bundaran Mahkota Disorot Warga

Kobar

Batamad Kobar Deklarasi Pemilu Damai

Kobar

Ziarah Makam Tokoh BPK, Wakil BPK RI Kunjungi Kobar

Kobar

Kunjungi Kobar, Menhut Korsel Dalami Potensi Sektor Kehutanan

Kobar

SMP 10 Karang Anyar Kembali Dibobol Pencuri

Kobar

Didor Polisi, Maling Uang Pasien Tumbang

Kobar

Tim Gabungan Pantau Kedatangan Kapal Kirana 1