Home / Kotim

Rabu, 29 Desember 2021 - 19:08 WIB

24 Pelabuhan Berizin di Sampit Ditinjau Ulang

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotim meninjau sejumlah pelabuhan atau Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kotim, Rabu (29/12/2021).

Dari hasil peninjauan ini, tercatat ada 24 pelabuhan atau TUKS yang telah mengantongi izin resmi, namun dinilai masih perlu peningkatan standar fasilitas pelabuhan dan jaminan pekerja untuk buruh.

Perwakilan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Edi Suryanto mengatakan, 24 TUKS yang telah berizin tersebut hanya ada 19 yang telah beroperasi. Sedangkan sisianya belum beroperasi.

Baca Juga :  Bupati Kotim Harapkan TMMD Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat

Sementara untuk standar kelaikan pelabuhan menurut dia, sudah sesuai standar administrasi. Untuk fasilitas TUKS yang ada ini sudah laik karena sampai hari ini belum pernah terjadi insiden kecelakaan kerja.

Sedangkan Ketua Komisi IV DPRD Kotim Iwan Kurniawan mengatakan, kunjungan pihaknya ke TUKS yang beroperasi di wilayah Kota Sampit ini untuk memastikan standar kelaikan pelabuhan dan keselamatan para buruh yang bekerja, baik dari keamanan (sefty) yang disiapkan perusahaan untuk sandar kapal maupun dari segi jaminan keselamatan bagi buruh.

Baca Juga :  Parah! Masih Ada Pungutan Parkir di Zona Terlarang

“Kegiatan meninjau perizinan TUKS hari ini hanya untuk memastikan, apakah pelabuhan-pelabuhan ini sudah standar operasional sesuai dengan regulasi yang ada, ini demi keberlangsungan investasi dan keselamat para buruh yang bekerja di pelabuhan setempat,”ucapnya. (Ry)

Share :

Baca Juga

Kotim

Polisi Tangkap Penjual Ribuan Jamu dan Obat Illegal

Kotim

Mayat Tanpa Identitas Mengapung di Sungai Mentaya

Kotim

Peda KTNA XII Kalteng Resmi Dibuka Gubernur

Kotim

Kandang Ternak Terbakar, Kulit Sapi Melepuh

Kotim

Bea Cukai Sita Ratusan Rokok Ilegal

Kotim

Sehari Tenggelam, Dede Ditemukan Tak Bernyawa

Kotim

Parah!! Pesta Miras dan ngelem, 16 Remaja Ini Diciduk Polisi

Kotim

Polisi Bekuk Dua Pelaku Pencurian Sarang Walet