Home / Pemkab Murung Raya

Selasa, 2 November 2021 - 20:05 WIB

Sekda Mura Pimpin Rakor Kesiapan Penanganan Banjir

Sekda Mura Hermon saat memimpin rakor Selasa (2/11/2021).

Sekda Mura Hermon saat memimpin rakor Selasa (2/11/2021).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) menggelar  Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengendalian dan penanganan banjir di wilayah Kabupaten Murung Raya, Selasa (2/11/2021) siang.

Rakor ini menyikapi terkait adanya informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut perkiraan curah hujan akibat fenomena La Nina, level moderate sering dimulai pada musim hujan sampai Februari 2022 mendatang.

Rakor ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mura Hermon, dan Kabag Ops Polres Mura Kompol Indras Purwoko, Danramil 07/ Puruk Cahu.

Turut hadir, Kapolsek Murung, Camat Murung Fitrianul Fahriman, Asisten II Setda Kab.Mura Fery Hardi, Kalaksa BPBD Kab.Mura Kariadi, Kepala Dinas Sosial Kab.Mura Rusine, Kasatpol PP Iskandar, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mura Paulus Manginte beserta jajaran terkait.

Baca Juga :  Pemkab Mura Susun Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026

Sekda Mura Hermon mengatakan, penanganan banjir perlu kesiapsiagaan bersama dalam dukungan terhadap masyarakat, karena keselamatan masyarakat sangat penting.

“Rakor ini sekaligus koordinasi dan konsolidasi tindak lanjut penyiapan dan pengelolaan sumber daya untuk penanganan banjir di wilayah yang terdampak,”ungkap Hermon saat menyampaikan sambutannya dalam rapat tersebut.

Untuk itu lanjut Hermon, dibutuhkan koordinasi secara menyeluruh agar langkah-langkah penanganan lebih terintegrasi dan teriventaris.

Baca Juga :  Tahun Depan, Pemkab Mura Lanjuti Pembangunan Ruas Jalan Serpoi

“Dalam penanganan banjir ada tiga hal yang dipersiapkan mulai dari penanganan pra banjir, tahap dan pasca banjir, tentunya kita semua perlu kesiapan dalam penanganan dampak banjir yang bisa saja mengakibatkan terputusnya arus transportasi atau terisolasi,”ujarnya.

Sementara itu Kalaksa BPBD Kabupaten Mura Kariadi mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bencana banjir dan tanah longsor menyusul curah hujan tinggi.

“Peringatan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan, kewaspadaan bencana banjir dan longsor itu setelah BMKG mengeluarkan peringatan dini memasuki fenomena La Nina yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan kilat,”ucapnya. (id)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Mura Masuk 10 Besar Porprov Kalteng

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Konsultasi Publik RDTR 

Pemkab Murung Raya

40 Persen Warga Mura Telah Divaksin Covid-19

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Buka Musrenbang RPJMD

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Imbau Warga Tetap Patuhi Prokes 

Pemkab Murung Raya

34 Kepala Desa di Murung Raya Resmi Dilantik

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Rakor Percepatan SSK

Pemkab Murung Raya

Sekda Mura Serahkan SK 7 Orang P3K