Home / Pemkab Kobar

Jumat, 12 November 2021 - 20:27 WIB

Ranperbup BPHTB Kobar Mulai Dibahas

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membahas Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbup) Pengurangan, Keberatan dan Pemeriksaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Pembahasan ini dilakukan saat digelarnya rapat koordinasi yang dipimpin Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Jahotler Lumban Gaul di ruang rapat Bupati Kobar.

Pembahasan Ranperbup ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Daerah (Perda) Kobar Nomor 27 Tahun 2018 Tentang BPHTB. Selain itu langkah ini sebagai upaya evaluasi terkait Peraturan Bupati (Perbup) Kobar Nomor 16 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pemberian Pengurangan BPHTB, Perbup Kobar Nomor 20 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Penyelesaian Keberatan BPHTB dan Perbup Kobar Nomor 22 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pemeriksaan BPHTB.

Kepala Bapenda Kobar Nursyah Ikhsan mengatakan, Perbup yang sebelumnya sudah berjalan perlu dievaluasi, mengingat perkembangan teknologi dan zaman saat ini semakin berkembang pesat.

Baca Juga :  Bupati Sebut Pariwisata Bisa Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat

“Kita coba lakukan evaluasi dan perbaikan untuk menyesuaikan dengan keadaan daerah kita saat ini. Selain itu juga dalam melakukan penetapan peraturan kita harus selalu mengutamakan asas keadilan dan dasar hukum yang sudah sesuai, sehingga peraturan ini tidak menjadi permasalahan dan beban masyarakat yang ada,” kata Ikhsan.

Baca Juga :  Bupati Tinjau Pembangunan Pasar Sungai Bulin 

Ikhsan menjelaskan, bahwa dengan berlakunya Perbup yang baru ini maka peraturan sebelumnya yang mengatur pengurangan, keberatan dan pemeriksaan BPHTB akan dicabut digantikan dengan Raperbup yang saat ini sudah dilakukan pembahasan.

Bahkan lanjut dia, saat ini pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pembahasan terkait pengajuan pengurangan dan keberatan BPHTB yang diajukan oleh wajib pajak kepada Bapenda Kobar. (ag/hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Lagi, Pasien Positif Covid-19 Kobar Bertambah 2 Orang

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Matangkan Persiapan MTQH

Pemkab Kobar

Bertekad Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Pasang CCTV di 5 Titik Ruas Jalan, Isu Sanksi Denda Hoax

Pemkab Kobar

Tim Covid-19 RSSI Lakukan Pengambilan Swab 12 OTG di Klinik Kesuma

Pemkab Kobar

Kobar Peringati Peristiwa Pertempuran Kumai 

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Tetapkan SPBU Subsidi Nelayan di Keraya

Pemkab Kobar

Pj Bupati Kobar Bakal Penuhi Kebutuhan Dragon Boat