Home / DPRD Barito Utara

Rabu, 10 November 2021 - 15:34 WIB

Perusahaan Swasta Wajib Laporkan Karyawan Barunya

Wakil Ketua DPRD Barito Utara, Sastra Jaya.

Wakil Ketua DPRD Barito Utara, Sastra Jaya.

MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua DPRD Barito Utara, Sastra Jaya mengatakan, setiap perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) diharuskan dan wajib melaporkan tenaga kerjanya secara rutin kepada pemerintah daerah setempat.

Hal ini untuk memudahkan pemerintah daerah untuk mengetahui berapa jumlah tenaga lokal yang terserap oleh perusahaan dan berapa jumlah tenaga non lokal yang dipekerjakan.

Menurutnya, pihak perusahaan terkesan kurang keterbukaan dalam memberikan pelaporan kepada instansi pemerintah daerah terkait tenaga kerja.

“Hal ini tentunya sangat menyulitkan bilamana ada terjadi masalah selisih paham antara pihak manajemen dengan para pekerja yang ada diperusahaan tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dewan Dukung Pemberantasan Narkoba 

Jika pelaporan dilakukan secara rutin, maka akan terlihat manajemen perusahaan terhadap karyawan. Sehingga dapat meminimalisir perselisihan yang sering terjadi antara manajemen dengan para pekerja.

Kemudian dinas terkaitpun kiranya dapat melakukan pendataan dengan sistem jemput bola. Sebab jika dilakukan seperti itu, maka akan terlihat dengan jelas berapa jumlah tenaga kerja lokal dan non lokal yang ada pada perusahaan.

“Akan diketahui berapa jumlah tenaga lokal kita yang mereka serap, maka dapat dibuat perbandingan apakah banyak tenaga lokal atau non lokal yang bekerja di perusahaan,” terangnya.

Baca Juga :  Perlu Dibatasi Anak Dibawah Umur Mengendarai Motor

Harapan semua, lanjut dia, dengan adanya perusahaan swasta bisa membawa dampak positif bagi masyarakat, jangan sampai mengkesampingkan penduduk asli lokal. Dan jangan biarkan mereka hanya menjadi penonton di tempatnya sendiri.

“Tidak jarang masyarakat lokal melakukan protes kepada pihak perusahaan. Karena mereka sulit untuk bekerja di tempat sendiri. Sementara, tenaga kerja non lokal mungkin lebih banyak yang bekerja di perusahaan tersebut,” tandasnya. (en)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Utara

Perbanyak Serap Tenaga Kerja Lokal

DPRD Barito Utara

Ini Jawaban Bupati Barut Terkait LPj APBD 2020

DPRD Barito Utara

Perusahaan Batubara Wajib Miliki Izin Galian C

DPRD Barito Utara

Dewan RDP Bahas Dua Raperda

DPRD Barito Utara

Dewan Minta Investor Perhatikan Masyarakat Sekitar Usahanya

DPRD Barito Utara

Dewan Ajak Generasi Muda Cintai Daerah

DPRD Barito Utara

Kenaikan Angka Kemiskinan Jadi Sorotan Fraksi PDIP

DPRD Barito Utara

Perlu Pemasangan Rambu-rambu di Jembatan Sikan