Home / DPRD Provinsi Kalteng

Kamis, 21 Oktober 2021 - 20:45 WIB

Sosialisasikan Sanksi Hukuman KDRT

Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada instansi terkait agar lebih aktif mensosialisasikan sanksi hukum atas tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kepada masyarakat dimasing-masing daerah.

Karena menurut Duwel, hingga saat ini kasus KDRT di wilayah Kalteng masih saja terjadi. Bahkan, sebagian besar masyarakat terutama yang tinggal di desa kurang mengetahui sanksi hukuman berat bagi para pelaku KDRT tersebut.

“Kasus KDRT ini sering terjadi, terutama bagi pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Untuk itu, diperlukan sosialisasi terhadap sanksi hukumannya, supaya mereka bisa memahami,”ungkap Duwel Kamis (21/10/2021).

Duwel menjelaskan, bahwa kasus KDRT terjadi dikarenakan tingginya kasus pernikahan dini. Karena saat itu banyak laki-laki maupun perempuan belum benar-benar siap untuk membina rumah tangga, sehingga menjadi permasalahan dikemudian hari.

“Jadi tugas dan kewajiban suami istri disaat membina rumah tangga juga perlu disosialisasikan, supaya kejadian KDRT ini dapat ditekan semaksimal mungkin,”ujarnya.

Selain itu di dalam upaya meminimalisir insiden KDRT juga tidak hanya memerlukan peran pemerintah, akan tetapi masyarakat juga harus dapat berperan aktif dengan melaporkan setiap kejadian yang diketahui. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Fraksi PDI-P Dorong Pengajuan Raperda Adminduk 

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Mura Minta Perbaikan Jalan

DPRD Provinsi Kalteng

Warga Diimbau Jangan Takut Diisolasi

DPRD Provinsi Kalteng

Demi PLT-MH, Dewan Pelajari Regulasi Hibah

DPRD Kotim

Dewan Kotim Kunker ke DPRD Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Jaga Kebersihan Drainase Sebagai Pencegahan Banjir

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi I DPRD Kalteng RDP dengan Mitra Kerja

DPRD Provinsi Kalteng

Penyelenggara Harus Kerja Ekstra Dalam Pilkada 2020