Home / Kotim

Senin, 18 Oktober 2021 - 20:44 WIB

Pencuri Buah Sawit Perusahaan Diringkus Polisi

Pelaku saat diamankan anggota Polsek Cempaga Hulu karena kedapatan mencuri buah sawit.

Pelaku saat diamankan anggota Polsek Cempaga Hulu karena kedapatan mencuri buah sawit.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Seorang pria bernama Hatmi (40) warga Desa Sei Paring Kecamatan Cempaga tak berkutik saat ditangkap anggota Polisi Sektor (Polsek) Cempaga Hulu.

Pria ini ditangkap karena kedapatan mencuri buah sawit perusahaan milik PT Windu Nabatindo Abadi (WNA) di blok P-28 Devisi IV Desa Tumbang Koling Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotim, Sabtu (16/10/2021) malam, sekira pukul 23.30 WIB.

Dari tangannya, polisi berhasil mengamankan barang bukti 82 jenjang buah sawit dengan berat 1.270 kilogram (kg), beserta alat pemanen berupa angkong, egrek, dan kapak.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Teroris di Condet

Kapolsek Cempaga Hulu Iptu Dwi Susanto mengatakan, penangkapan ini berawal saat petugas security perusahaan menggelar giat patroli di kebun kemitraan Koperasi Koling Hapakat dengan PT WNA. Ketika patroli ini, security mendapat informasi terkait adanya aksi pencurian di blok P-28 Devisi IV.

Menindaklanjuti informasi ini, anggota security kemudian mengintai pelaku yang saat itu sedang asyik memanen buah kelapa sawit. Setelah beberapa saat mengintai, pelaku langsung ditangkap kemudian diamankan beserta barang bukti buah kelapa sawit dan alat yang digunakan untuk memanen. Sementara satu orang teman pelaku saat itu melarikan diri.

Baca Juga :  Driver Ojek Online Dikeroyok Preman Komplek

“Saat ini pelaku telah kita amankan di Mapolsek Cempaga Hulu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kasus ini masih kami kembangkan untuk menangkap satu pelaku lainnya yang terlibat,”ungkap Kapolsek.

Atas perebuatannya ini, pelaku dikenakan Pasal 107 huruf (d) UU RI No. 39 tahun 2014 tentang Perkebunan Jo Pasal 363 Ayat (1) ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. (Ry/hm)

Share :

Baca Juga

Kotim

Rawan Pencemaran, Aktivitas Jual Limbah Sawit PBS di Pelabuhan Pelindo Disorot Aktivis

Kotim

Sering Gangguan, Pelayanan Pembuatan e-KTP di Disdukcapil Kotim Dikeluhkan Warga

Kotim

Prasasti TMMD Jadi Simbol Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Kotim

Sering Teror Ternak,Ular Piton Ini Ditangkap Warga

Kotim

Tutup TMMD, Danrem 102/Pjg Luncurkan Kendaraan Si Komos

Kotim

Depresi, Pria Paruh Baya Nekat Gantung Diri 

Kotim

Warga Suport Timnya Berlaga di Turnamen Bola Voly TMMD 

Kotim

Kebakaran di Pasar Keramat, Diduga Disebabkan Korsleting Listrik