Home / Katingan

Selasa, 5 Oktober 2021 - 19:19 WIB

Guru dan Nakes di Desa Masih Kurang 

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto menyebutkan tenaga pendidik (guru) dan tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah desa di Kabupaten Katingan masih kurang.

Hal ini diketahui saat dirinya reses ke sejumlah desa baru-baru ini. Menemukan salah satu Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa yang dibangun dengan fasilitasnya cukup lengkap, namun perawat dan bidannya tidak berada di tempat.

Demikian juga dengan sekolah di salah satu desa, ada gedung sekolah beserta fasilitasnya cukup lengkap dan muridnya lumayan banyak, namun gurunya hanya dua orang saja.

“Kalau gurunya hanya dua orang begini kan tidak seimbang dengan jumlah siswa di sekolah tersebut. Keadaan seperti ini terjadi bukan hanya saat situasi pandemi covid-19 ini saja, tapi di tahun-tahun sebelumnya keadaannya juga begitu,”kata anggota dewan dari dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Sehubungan dengan itu, Politis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Katingan agar turun langsung ke sejumlah Pustu dan sekolah di Hulu Katingan.

Baca Juga :  Polres Katingan Tetapkan Satu Tersangka Korupsi

“Sehingga bisa melihat keadaan yang sebenarnya. Jangan hanya melihat di atas meja saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Katingan Dukung Pembentukan Katingan Utara

Terkait dengan keberadaan nakes dan guru tambahnya, bukan hanya penting di ibu kota saja, tapi penting pula keberadaannya di pedesaan. Karena dua tenaga ini sungguh dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat, dari masyarakat perkotaan hingga masyarakat di pedesaan.

“Sebab, nakes sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Kalau dalam keadaan sehat, masyarakat bukan hanya bersemangat dalam menjalankan aktivitas saja, tapi akan bersemangat juga bagi anak didik dalam menuntut ilmu. Apalagi didukung dengan guru yang selalu siap berada di tempat memberikan ilmu kepada mereka,” tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Serapan Anggaran Triwulan Pertama Masih Rendah, Sekda Sentil SOPD Katingan

Katingan

Dewan Harapkan BBGRM Tumbuhkan Semangat Masyarakat 

Katingan

Samsat Kasongan Masih Tunggu Inventarisir OPD

Katingan

Dewan Berharap Penerimaan CPNS Atasi Kekurangan Pegawai Daerah

Katingan

Pesta Hiburan Dangdut Lebaran Dinilai Tak Tepat

Katingan

Akibat Edar Obat-Obat Terlarang Diana Jadi Tahanan Polisi

Katingan

Peringati HUT RI, Masyarakat Diimbau Pasang Bendera

Katingan

Ayah Bejat di Katingan Tega Setubuhi Anak Kandung