Home / Kotim

Jumat, 1 Oktober 2021 - 17:22 WIB

Gasak Kotak Amal, Dua Nelayan Diringkus Polisi

Kedua pelaku saat diamankan di Mapolsek Jaya Karya, Jumat (1/10).

Kedua pelaku saat diamankan di Mapolsek Jaya Karya, Jumat (1/10).

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Dua pemuda bernama Subrianyor (21) nelayan dan Kalam (17) warga RT 06 Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit pasrah saat diringkus anggota Polisi Sektor (Polsek) Jaya Karya.

Keduanya ditangkap karena nekat melakukan aksi pencurian kotak amal berisi uang senilai Rp. 2,5 juta milik Masjid Raudah yang ditaruh di warung warga di Jalan Kalap Paseban RT 05 Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotim, Kamis (30/9/2021) sekira pukul 08.00 WIB.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Jaya Karya Iptu Triawan Kurniadi mengatakan, aksi pencurian ini dilakukan kedua pelaku pada Kamis (16/9/2021) lalu. Keduanya merencanakan untuk menggasak kotak amal yang ditaruh di warung milik Rustam. Aksi pencurian ini dilakukan keduanya saat pemilik warung sedang tertidur, sekira pukul 02.30 WIB.

Baca Juga :  Jiwa Satu Kesatuan Muncul di TMMD Kodim 1015 Sampit

Pelaku Subrianyor kemudian masuk ke dalam warung melalui lobang angin-angin atas pintu belakang dengan cara memanjat. Sedangkan temannya Kalam menunggu diluar melihat situasi.

Setelah Subrianyor mengambil kotak amal dan keluar melalui pintu depan warung dengan terlebih dahulu membuka kunci palang pintu warung, keduanya kemudian membawa kotak amal tersebut ke pinggir kolam bekas peliharaan ikan dan mengambil uangnya.

Baca Juga :  Polsek Mentaya Hulu Ringkus Pengedar 8 Paket Sabu

“Selanjutnya kotak amal dibuang ke dalam kolam dan uangnya dibawa kabur oleh kedua pelaku,”ungkap Kapolsek, Jumat (1/10/2021).

Atas ulah keduanya ini, pengelola kotak amal melaporkan kejadian ke Mapolsek Jaya Karya. Menindaklanjuti laporan ini, anggota melakukan penyelidikan selama beberapa hari, dan berhasil meringkus kedua pelaku.

“Kedua pelaku ini dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-3e, 4e dan 5e KUH Pidana, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,”tandas Kapolsek. (Ry/hm)

Share :

Baca Juga

Kotim

Penangkapan Bandar Sabu Baamang Bakal Menyeret Suaminya
Tersangka saat diamankan di Mapolsek Ketapang, Rabu (10/11).

Kotim

Simpan 2 Paket Sabu, Rahman Diciduk Polisi

Kotim

Rumah dan Motor Warga Cempaka Mulia Terbakar

Kotim

Tiga Pengedar Sabu Pedesaan Dibekuk Polisi

Kotim

Sehari, Tiga Pengedar Sabu Kotim Diringkus

Kotim

Truk Box Hantam Truk CPO, Dua Orang Kritis

Kotim

Jembatan Babirah Sudah 100% Rampung

Kotim

Bos Penambang Emas Ilegal Desa Pundu Dipidana