Home / Pemko Palangka Raya

Senin, 4 Oktober 2021 - 22:10 WIB

Disdukcapil Kota Validasi NIK dan Data Kependudukan

Plt. Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, Supriyanto.

Plt. Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, Supriyanto.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya kala seringnya mendapati Nomor Induk Kependudukannya (NIK) tidak valid/tidak terdaftar.  Padahal NIK tersebut sangat penting untuk keperluan administrasi BPJS, BPN, Perbankan, Prakerja bahkan untuk program Peduli Lindungi atau Vaksinasi Covid-19.

Plt. Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, Supriyanto mengatakan, ada beberapa penyebab hal tersebut terjadi yakni, adanya masalah dalam sistem pencatatan atau human error atau adanya kesalahan/kekeliruan dalam memasukan NIK.

“Tentu masyarakat sangat dirugikan karena tidak dapat mengakses fasilitas pelayanan publik, untuk mengatasi permasalahan tersebut ada 2 (dua) cara yang dapat ditempuh yaitu pertama melapor ke Disdukcapil dan yang kedua melapor secara online,”ungkap Supriyanto.

Baca Juga :  Wali Kota Tinjau Lahan Relokasi Warga RB

Kendati demikian lanjut dia, dengan mempertimbangkan kondisi masih merebaknya Pandemi Covid-19 maka pihaknya berinisiatif membuat sistem pelayanan berupa Validasi Data dan NIK Online yang meskipun masih sederhana namun diharapkan dapat membantu masyarakat tanpa perlu datang jauh-jauh ke Dinas Dukcapil, adapun aplikasi ini berupa tautan yang terdapat di Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya; lantas bagaimana cara mengaksesnya?

Cara aksesnya tambah dia, sangat mudah, masyarakat cukup membuka Website Disdukcapil Kota Palangka Raya dengan alamat https://disdukcapil.palangkaraya.go.id kemudian pada halaman utama klik widget Validasi NIK dan Data Kependudukan Kota Palangka Raya lalu silahkan isi form yang tersedia dengan wajib menyertakan alamat e-mail yang valid, karena konfirmasi validasi dari Disdukcapil akan dikirimkan via e-mail.

Baca Juga :  Kelurahan Kereng Dukung Program DAK Integritas

“Untuk kedepannya fasilitas Validasi Online ini akan terus kami kembangkan, tidak hanya itu kami juga akan mempersiapkan aplikasi Antrian Online yang merupakan karya dari Staf Disdukcapil Kota Palangka Raya yang tentunya wajib kami dukung dan support demi memberikan kebahagiaan dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,”tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Musim Hujan, Program Restoking Dinilai Tepat

Pemko Palangka Raya

Pemko Gelar Pelatihan TPA dan Pemanfaatan Gas Metan

Pemko Palangka Raya

Pemko Tingkatkan Keterampilan UMKM 

Pemko Palangka Raya

Pemko Komitmen Turunkan Angka Stunting

Pemko Palangka Raya

Fairid Berbagi Paket Sembako ke Warga

Pemko Palangka Raya

Gebyar PBB Dorong Kesadaran Wajib Pajak

Pemko Palangka Raya

Karang Taruna Diminta Produktif

Pemko Palangka Raya

Pemko Gandeng Perusahaan Siapkan Hewan Kurban