Home / DPRD Barito Selatan

Jumat, 1 Oktober 2021 - 05:40 WIB

Dewan Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Drainase

Buntok,KaltengEkspres.com – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ideham mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar dapat bersama-sama menjaga kebersihan saluran drainase yang ada di permukiman masing-masing.

Pasalnya, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi hampir setiap hari turun di Barsel, kerap menimbulkan banjir dan genangan air di sejumlah daerah pemukiman padat penduduk yang tak memiliki sistem drainase yang cukup baik.

“Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat rutin melakukan pengecekan saluran drainase di kawasan permukiman. Lakukan gotong royong membersihkan saluran drainase di daerah pemukimannya agar tidak tersumbat. Sebab memeriksa dan membersihkan saluran drainase secara rutin bisa mencegah terjadinya luapan air dari drainase yang disebabkan oleh drainase yang tersumbat oleh sampah,” katanya, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga :  Dana Penanganan Covid-19 Tahun 2022 Sebesar Rp26,7 Miliar

Dengan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran drainase, Politik PAN ini meyakini, hal tersebut bisa mencegah terjadinya sumbatan drainase akibat sampah. Selain itu juga, turut membantu menjaga kebersihan lingkungan agar tak menjadi wadah berkembang biaknya penyakit.

“Memperhatikan saluran drainase pada musim hujan seperti saat ini sangat-sangat penting, untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di pemukiman yang disebabkan oleh curah hujan yang begitu tinggi,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Barsel Minta Dampak Negatif Pernikahan Dini Disosialisasikan

Untuk itu dirinya berharap, ada kesadaran dari seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, sehingga di di daerah itu tidak terjadi lagi genangan air di pemukiman masyarakat.

“Drainase ini kan sudah di bangun pemerintah untuk kita semua, saya harap masyarakat bisa turut andil dalam menjaga dan merawat drainase yang sudah dibangun agar bisa tetap berfungsi dengan normal,” pungkasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Masyarakat Diminta Waspada Penyebaran Penyakit Dampak Banjir

DPRD Barito Selatan

Tim Bapokting Barsel dan DPRD Sidak Pasar

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Imbau Masyarakat Dukung Vaksin Covid-19

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Bakal Panggil BKPSDM

DPRD Barito Selatan

Pansus LKPJ Minta Dugaan Korupsi BLT DD Tarusan Diusut Tuntas

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel akan Segera Lakukan Proses PAW

DPRD Barito Selatan

Mantap! Dua Anggota DPRD Barsel Reses di Dua Desa

DPRD Barito Selatan

Ketua DPRD Barsel Harapkan Pilkada Kalteng Berjalan Dengan Sukses