Home / DPRD Barito Selatan

Jumat, 1 Oktober 2021 - 05:40 WIB

Dewan Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Drainase

Buntok,KaltengEkspres.com – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ideham mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar dapat bersama-sama menjaga kebersihan saluran drainase yang ada di permukiman masing-masing.

Pasalnya, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi hampir setiap hari turun di Barsel, kerap menimbulkan banjir dan genangan air di sejumlah daerah pemukiman padat penduduk yang tak memiliki sistem drainase yang cukup baik.

“Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat rutin melakukan pengecekan saluran drainase di kawasan permukiman. Lakukan gotong royong membersihkan saluran drainase di daerah pemukimannya agar tidak tersumbat. Sebab memeriksa dan membersihkan saluran drainase secara rutin bisa mencegah terjadinya luapan air dari drainase yang disebabkan oleh drainase yang tersumbat oleh sampah,” katanya, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga :  DPRD Barsel Usulkan Pedagang Pasar Pagi di Pindah ke Pasar Jelapat

Dengan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran drainase, Politik PAN ini meyakini, hal tersebut bisa mencegah terjadinya sumbatan drainase akibat sampah. Selain itu juga, turut membantu menjaga kebersihan lingkungan agar tak menjadi wadah berkembang biaknya penyakit.

“Memperhatikan saluran drainase pada musim hujan seperti saat ini sangat-sangat penting, untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di pemukiman yang disebabkan oleh curah hujan yang begitu tinggi,” ucapnya.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Barsel Bahas Program Kerja

Untuk itu dirinya berharap, ada kesadaran dari seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, sehingga di di daerah itu tidak terjadi lagi genangan air di pemukiman masyarakat.

“Drainase ini kan sudah di bangun pemerintah untuk kita semua, saya harap masyarakat bisa turut andil dalam menjaga dan merawat drainase yang sudah dibangun agar bisa tetap berfungsi dengan normal,” pungkasnya. (rif).

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Minta Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan, Hadapi New Normal

DPRD Barito Selatan

Serap Aspirasi Putri Siti Rohmawati Reses di Dua Kecamatan

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Bantu Korban Kebakaran Desa Tarusan

DPRD Barito Selatan

Ketua DPRD Kritik Penutupan Posko Pantau Oleh Pemkab Barsel

DPRD Barito Selatan

Instansi Diminta Akomodir Pelaksanaan Pembangunan

DPRD Barito Selatan

Fraksi PDIP Beri Tiga Catatan Penting Untuk Pemkab Barsel

DPRD Barito Selatan

Komisi III DPRD Barsel  Kembali Jadwalkan RDP Dengan Dinkes dan RSUD  

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel Ini Prihatin Atas Musibah Kebakaran Desa Kalanis