Home / DPRD Barito Utara

Selasa, 14 September 2021 - 20:17 WIB

Perusahaan Batubara Wajib Miliki Izin Galian C

Anggota DPRD Barito Utara H Tajeri.

Anggota DPRD Barito Utara H Tajeri.

MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com – Maraknya tambang batu bara yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara baik di wilayah Kecamatan Gunung Timang, Teweh Baru, Teweh Tengah dan Lahei Barat, belakangan ini jadi sorotan publik.

Ada beberapa perusahaan tambang batu bara yang mengambil Obi untuk pembuatan jalan mereka. Di lokasi wilayah perizinan pertambangan mereka, nampak pihak perusahaan tambang batu bara juga mengambil orkes atau sirtu di lahan mereka untuk membuat jalan holling beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :  Warga Bantaran DAS Barito Diingatkan Waspada Banjir

Menyikapi ini, Komisi III DPRD Barut H. Tajeri yang membidangi masalah pertambangan, dengan tegas menyatakan, bahwa tindakan pengusaha tambang batu bara tersebut melanggar.

“Jika perusahaan pertambangan mengambil orkes dan sejenisnya, untuk kepentingan perusahaan tersebut, seharusnya memiliki izin resmi,”ungkap Tajeri.

Menurutnya, semua itu tidak boleh diambil untuk jalan dalam kegiatan penambangan batu bara kecuali pihak perusahaan telah mengantongi izin tambang galian C.

Baca Juga :  Raperda Pilkades Serentak Mulai Digodok

“Yang pastinya pihak perusahaan tambang batu bara sudah memiliki perizinan dari pusat namun hanya untuk menambang dan mengambil batu baranya saja, dan selain dari itu tidak di bolehkan untuk mengambil orkes dan tanah Obi, serta kayu juga yang digunakan untuk badan jalan, mereka harus mempunyai surat izin dulu dan itu akan menjadi PAD sumber pendapatan bagi daerah,”tandasnya. (en)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Utara

Manfaatkan Layanan Berobat Gratis

DPRD Barito Utara

Warga Barut Minta Rehab Rumah Betang Tambau

DPRD Barito Utara

Fraksi PKB Beri Penghargaan Polsek Montallat

DPRD Barito Utara

Sektor Peternakan Perlu Dikembangkan

DPRD Barito Utara

Raperda Pilkades Serentak Mulai Dibahas

DPRD Barito Utara

Warga Harus Jeli Melihat Peluang Usaha

DPRD Barito Utara

Tata Batas Barut dan Kutai Barat Kembali DibahasĀ 

DPRD Barito Utara

Dewan Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020