Home / Pemkab Murung Raya

Kamis, 9 September 2021 - 08:36 WIB

Mura Gagas Pembangunan Rumah Betang Termegah

Bupati Mura Perdie M Yoseph saat menyampaikan sambutannya, Rabu (8/9).

Bupati Mura Perdie M Yoseph saat menyampaikan sambutannya, Rabu (8/9).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) menggagas pembangun Rumah Betang termegah se-Kalimantan Tengah (Kalteng).

Rencana itu dipaparkan panitia dari Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Mura saat Seminar Pembangunan Huma Betang dengan tema Pembangunan Huma Betang Yang Terbesar, Terunik dan Terindah, Berfungsi Sebagai Pusat Budaya, Wisata Edukasi, Mesium dan Acara Adat di aula rumah jabatan Bupati Mura, Rabu (8/9).

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Likon mengatakan, seminar tersebut dilaksanakan dalam rangka membahas berbagai masukan, usul, saran, pendapat dan pandangan dari para pakar sebelum proses pembangunan Huma Betang dilaksanakan.

Baca Juga :  ASN dan Honorer Diimbau Gunakan Hak Pilih

“Dengan tujuan seminar ini terdapat sasaran yang diinginkan yaitu pembangunan Huma Betang Kabupaten Mura yang Terbesar, Termegah, Terunik, Terindah Asli sebagai pusat budaya dayak, penelitian dan pariwisata edukasi dan Mesium di Kabupaten Mura,”kata Likon.

Sementara itu, Bupati Mura, Perdie M. Yoseph yang juga sebagai Ketua Umum DAD Mura mengatakan, bahwa acara seminar Huma Betang ini tidak hanya cukup mendapatkan ide-ide cemerlang. Tetapi bagaimana mendorong percepatan pembangunan daripada Huma Betang tersebut.

“Sehingga apa yang menjadi harapan bersama di masa jabatannya ini, pembangunan Huma Betang sudah bisa tuntas. Tentu hal itu kita harus fokus dan serius serta mengoptimalkan segenap potensi yang ada secara bersinergi semua pihak sehingga nanti bisa kita aktualisasi sebagaimana yang diharapkan kita bersama,”ungkap Perdie.

Baca Juga :  RUPM Mura Dikonsultasikan ke Publik

Sementara itu, dalam kegiatan ini, selain Bupati Mura, juga hadir Wakil Bupati, Rejikinoor, Wakil Ketua I DPRD Mura, Likon, Danramil 07 Puruk Cahu, Lettu M. Saroni, Kepala Dinas PUPR, Paulus K. Manginte, Kepala Disperkimtan, Markudius Dani, Kepala Disparpora, Sarwo Mintarjo, Pengurus DAD Mura. (on)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Minta Seluruh Camat Pantau Program Desa

Pemkab Murung Raya

TP-PKK Mura Sosialisasi Program BK

Pemkab Murung Raya

Disdik Mura Gelar Bimtek Lingkungan PAUD

Pemkab Murung Raya

Perdie Tinjau Banjir di Kecamatan Murung 

Pemkab Murung Raya

Penderita ODGJ di Mura Mengalami Peningkatan

Pemkab Murung Raya

Tim Satgas Mura Persuasif Sosialisasi ke Pedagang

Pemkab Murung Raya

Wabup Mura Minta Agar Ada Satu Icon Makanan Lokal Andalan

Pemkab Murung Raya

Wabup Mura Lepas Keberangkatan Tim Yayasan Rumah Dhuafa