Home / DPRD Barito Selatan

Rabu, 29 September 2021 - 08:20 WIB

Masyarakat Diminta Tak Takut Laporkan Kades Nakal

Buntok,KaltengEapres.com – Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan (Barsel) H Raden Sudarto SH mengharapkan masyarakat untuk tidak takut melaporkan Kepala Desa (Kades) yang nakal atau bermasalah kepada pihak terkait. Apalagi berkaitan dengan penyalahgunaan anggaran desa seperti yang bersumber dari dana desa (DD).

Menurutnya, melaporkan kecurangan oleh kepala desa merupakan sebuah kewajiban, pasalnya uang yang disalurkan untuk desa merupakan anggaran untuk kepentingan bersama masyarakat desa masing-masing.

“Saat ini Kades rentan melakukan penyimpangan terhadap DD yang melibatkan setiap kepala desa tersandung hukum. Masyarakat bisa melaporkan kepada pendamping desa. Dengan demikian, fungsi pendamping akan lebih terlihat. Jika takut, laporkan langsung kepada aparat yang berwenang,” ungkap H Raden Sudarto, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga :  Antisipasi Covid-19, Dewan Minta Masyarakat Taati Imbauan Pemeritah

Selain itu juga, politisi dari PDIP ini juga meminta kepada para pendamping desa untuk terus giat mengawasi kepala desa. Jika ada kepala desa yang melakukan penyimpangan terkait terutama berkaitan dengan bantuan seperti BLT-DD, pihaknya wajib meminta untuk mengembalikan dana tersebut.

Baca Juga :  Dewan Barsel Ingatkan Warga Bahaya Banjir

Uang BLT itu untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Jangan disalahgunakan oleh kepala desa. Apalagi sampai ada pemotongan,” tegasnya lagi

Namun demikian, pria yang akrab disapa H Alex itu berharap agar seluruh Kepala Desa bisa bijaksana dan amanah dalam menjalankan tugasnya.

“Saya meyakini apabila setiap Kepala Desa dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka desa-desa yang ada di Kabupaten Barsel bisa semakin maju,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Pemberian Kartu Prakerja Tepat Sasaran

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel Ini Minta Warga Waspada Banjir

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Ingatkan Rumah Sakit Siaga Hadapi Varian Omicron

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel dan PN Buntok Terima Vaksinasi Ketiga

DPRD Barito Selatan

Ketua Komisi III Apresiasi Penyemprotan Masal di Barsel

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Minta Pemkab Tertibkan Jam Operasional Angkutan CPO

DPRD Barito Selatan

Generasi Muda Diajak Perangi Narkoba

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Gelar Rapat Gabungan Terkait Perpres Nomor 33