Home / Sukamara

Rabu, 15 September 2021 - 22:39 WIB

Mantan Ketua KPU Sukamara Resmi Ditahan

Petugas Kejari Sukamara saat menahan tersangka, Rabu (15/9).

Petugas Kejari Sukamara saat menahan tersangka, Rabu (15/9).

SUKAMARA, KaltengEkspres.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukamara resmi menahan mantan Ketua KPU Sukamara berinisial BD (41), Rabu (15/9/2021). Ia ditahan setelah sebelumnya ditetapkan tersangka atas kasus tindak pidana korupsi dana sisa hibah dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Sukamara tahun 2008 lalu, sebesar Rp 1,3 miliar.

Dana tersebut dalam perjalanannya tidak dikembalikan ke khas negara melainkan diduga dikorupsi oleh yang bersangkutan bersama tersangka lainnya yang telah menjalani hukuman.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sukamara  Suhartono mengatakan, BD ini ditahan setelah disebelumnya ditetapkan tersangka dan kasusnya telah tahap II.

“Kasus ini cukup lama hampir 2,5 tahun. Lantaran sudah cukup bukti dan tahap II maka yang bersangkutan kita tahan. Penahanannya selama 20 hari ke depan, terhitung sejak tanggal 15 September sampai dengan 4 Oktober,” ungkap Suhartono kepada sejumlah awak media, Rabu (15/9).

Suhartono menjelaskan, bahwa penyelesaian kasus ini bertujuan agar penanganan perkaranya tidak tertunda, mengingat sudah berjalan lama sejak 2018 setelah ditetapkannya sebagai tersangka. Selain itu juga tambah dia, untuk memberikan kepastian hukum kepada yang bersangkutan sehingga tidak tergantung perkaranya.

“Ini merupakan bentuk dan wujud keseriusan saya selaku Kajari baru Sukamara dalam memberikan kepastian hukum terhadap tersangka,”tegasnya. (ad/hm)

Share :

Baca Juga

Sukamara

Tiga Anggota Koramil Balai Riam Gagalkan Aksi Curanmor

Sukamara

PT KSK Diduga Serobot Lahan Milik Warga

Sukamara

Warga Kalbar Tewas Tenggelam di Sungai Jelai

Sukamara

Pemkab Sukamara Peringati Hari Sumpah Pemuda

Sukamara

Pria Asal Surakarta Ditemukan Tewas di Rumah Kontrakan

Sukamara

Tiga Rumah Warga Sukamara Diamuk Jago Merah

Sukamara

Satpolair Sukamara Ajak Warga Pesisir Tolak Radikalisme

Sukamara

Wow!! Ribuan Pendukung Kompak Sambut dan Iringi Kedatangan WIDI