Home / Katingan

Senin, 13 September 2021 - 21:30 WIB

H. Jainudin Menang Praperadilan

Tim kuasa hukum H Jainudin saat memperlihatkan gugatan praperadilan yang dikabulkan PN Kasongan, Senin (13/9).

Tim kuasa hukum H Jainudin saat memperlihatkan gugatan praperadilan yang dikabulkan PN Kasongan, Senin (13/9).

KASONGAN,KaltengEkspres.com– Gugatan praperadilan H. Jainudin Safri atas penetapan status tersangka terhadap dirinya oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Katingan dikabulkan, Pengadilan Negeri (PN) Kasongan.

Dengan dikabulkannya, gugatan mantan Kadisdik Katingan ini, maka yang bersangkutan dibebaskan dari ruang tahanan Lapas Narkoba Kasongan terhitung sejak Senin (13/9/2021).

” Alhamdulillah yang benar adalah benar dan salah tetap salah, dan praparadilan secara maraton ditangani bersama tim kuasa hukum pusat kajian hukum IAIN Palangkaraya membuahkan hasil,”ungkap Pengacara W. Karya F. Dirun kepada sejumlah awak media, Senin (13/9/2021).

Baca Juga :  Giat Operasi Yustisi Sasar Eks Lokalisasi KM 19¬†

Karya F Dirun mengatakan,  penetapan tersangka terhadap H. Jainudin Safri, tidak sah dan tak berdasarkan bukti yang cukup, sehingga batal demi hukum.

Begitu pula surat perintah penyidikan Nomor khusus atas nama Drs. H. Jainudin Safri tidak berdasarkan bukti permulaan cukup, tidak sah dan batal demi hukum. Sehingga secara otomatis penangkapan dan penahanan tak berdasarkan bukti cukup. .

“Majelis hakim dalam point putusan memerintahkan pihak termohon dalam hal ini Kejari Katingan untuk segera membebaskan H.Jainudin Safri dalam tahanan ketika putusan diucapkan.” ucap W.Karya F.Dirun.

Baca Juga :  Polres Katingan Sosialisasi 7 Road Safety

Kemudian hasil putusan sudah bisa diambil, sekarang lagi membuat registrasi pengeluaran H.Jainudin Safri, pada hari ini juga sesuai perintah pengadilan yang sudah jelas amarnya,

“Yakni memerintahkan kepada termohon untuk mengeluarkan pemohon H. Jainudin Safri dari dalam tahanan secepatnya setelah putusan pengadilan dalam sidang terbuka untuk umum,”ujarnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Diburu Polisi, Pelaku Perampok Toko Misbah Nekat Gantung Diri

Katingan

KPU Umumkan DPS Katingan Sebanyak 110.182 Pemilih

Katingan

Wabup Apresiasi Bantuan Ormas Kepada Masyarakat

Katingan

Hapakat Katingan Berbagi Sembako

Katingan

Jelang Persiapan Pilkada, Polres Katingan Kerahkan Anggota di KPU

Katingan

Dua Hari Tenggelam, Warga Mendawai Ditemukan Tak Bernyawa 

Katingan

Jual Sabu, Dua Warga Kotim Dibekuk Polisi di Katingan

Katingan

PWKI Katingan Kunjungi Yayasan JAM
error: Content is protected !!