Home / Nasional

Jumat, 13 Agustus 2021 - 13:48 WIB

Tiga Pelaku Pembunuh Teknisi Diringkus Polisi

SURABAYA, KaltengEkspres.com РPolda Jawa Timur (Jatim) dan Polres Bangkalan meringkus tiga pelaku penembakan terhadap seorang teknisi bernama Aswar. Ketiga pelaku berinisial S (33) warga Sawahan, Kota Surabaya, dan D, (34) warga Dukuh Pakis, Kota Surabaya serta  F (35) warga Kelurahan Keraton, Kabupaten Bangkalan, ditangkap di lokasi berbeda.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, kejadian pembunuhan ini berawal saat korban pada Sabtu (7/8/2021) lalu, mendapat order untuk memperbaiki jaringan kabel wifi yang rusak di perumahan Kailas, Dusun Karangpandan, Desa Sukolilo Timur, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan.

Awalnya korban ditemani tiga orang teknisi lainnya dan dua orang temannya. Namun sekitar pukul 20.30 WIB, ketiga teman teknisinya pulang duluan. Kemudian korban melanjutkan perbaikan pada titik kerusakan instalasi berupa kabel yang terputus di posisi pinggir jalan pada akses masuk perumahan Kailas.

Baca Juga :  Polda Metro Jaya Tangkap 4 Orang Pelaku Pembunuh WNA Taiwan

Sekitar pukul 22.00 WIB, ketika proses perbaikan sedang berjalan, tiba-tiba datang seorang laki-laki tak dikenal berjalan kaki dari sisi timur semak-semak langsung mendekat dan menembak korban sebanyak dua kali pada jarak 3 meter.

Tembakan pertama mengenai lengan kiri dan membuat korban terjatuh. Tembakan kedua diarahkan pada kepala korban. Tembakan itu meleset dan hanya menyerempet dan langsung mengenai tanah.

“Ketiga pelaku ini sebelumnya telah merencanakan pembunuhan tersebut. Mereka bertiga memiliki peran berbeda. S merupakan pelaku utama yang melakukan penembakan. Kemudian D berperan membantu memutuskan kabel wifi disekitar lokasi penembakan yang telah ditentukan agar korban dapat dieksekusi di lokasi tersebut. Sedangkan F berperan membantu mencari informasi keberadaan korban dan menunjukkan lokasi keberadaan korban pada saat kejadian,”ungkap Kapolda saat press release di Mapolres Bangkalan.

Baca Juga :  Wanita Muda Ditemukan Tewas Membusuk Terbungkus Plastik

Barang bukti yang diamankan dari kasus ini diantaranya, satu pucuk senjata api rakitan model revolver warna silver (krom), tujuh butir peluru kaliber 38, satu buah proyektil yang diamankan dari TKP dan lain-lain.

Atas perbuatanya ketiga tersangka dijerat Pasal 340 KUHP jo. Pasal 53, 55, 56 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo. Pasal 53, 55, 56 KUHP lebih subsider Pasal 351 ayat 2 KUHP jo. Pasal 56 KUHP dan Pasal 1 ayat (1) UU Drt RI Nomor 12 tahun 1951 yang diancam pidana maksimal 13 tahun penjara dan 20 tahun penjara. (as)

Share :

Baca Juga

Nasional

Tiga Komplotan Pencuri Sepeda Diringkus Polisi

Nasional

Dua Pengedar Ganja Dibekuk Polisi

Nasional

Mabes Polri Musnahkan Sabu Seberat 175,6 Kilogram dan Pil Ekstasi

Nasional

Peretas Situs Setkab RI Diringkus Polisi

Nasional

Dua Pelaku Pencurian Modus Mengganjal ATM Dibekuk Polisi

Metro Palangka Raya

Tiga Menteri Kunjungi Lahan Food Estate

Nasional

Bupati Kotim Resmi Tersangka, Negara Diduga Dirugikan Rp 5,8 Triliun

Nasional

Bandar 75 Kg Sabu Sulsel Dibekuk Polisi