Home / DPRD Pulang Pisau

Kamis, 12 Agustus 2021 - 21:51 WIB

Pencapaian Sebelumnya Harus Jadi Tolok Ukur

Anggota DPRD Pulang Pisau Dwi Erlina

Anggota DPRD Pulang Pisau Dwi Erlina

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Dwi Erlina mengingatkan bahwa dalam proses penyusunan anggaran bukan sekedar menaikan atau menurunkan nilai anggaran. Akan tetapi, penacapaian-pencapaian pada periode sebelumnya seharusnya menjadi tolok ukur dalam penyusunan perubahan anggaran tahun 2021.

“Perubahan APBD dalam tahun anggaran berjalan, memungkinkan dilakukan jika terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi makro dan asumsi pendapatan daerah yang menyebabkan defisit atau surplus anggaran,” kata Dwi Erlina, Kamis, 12 Agustus 2021.

Baca Juga :  Dukung Usaha Masyarakat dengan Bantuan Modal

Ia menambahkan, dalam rangka perubahan anggaran secara harus dibahas dengan memperhatikan berbagai hal. Di antaranya terkait dengan penambahan anggaran, pengurangan anggaran, pengalihan anggaran dan bahkan sampai dengan penghapusan anggaran.

“Karena itu setiap anggaran yang disusun harus berdasarkan prinsif efisien dan efektivitas penggunaan anggaran. Bila efisien adalah melakukan sesuatu yang benar. Efektivitas dapat dikaitkan dengan tujuan umum pemerintah daerah. Yaitu kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi, keadilan sosial, stabilitas ataupun tujuan sektoral yang lebih spesifik,” ujar dia.

Baca Juga :  Perusahaan dan Karyawan Harus Bersinergi

Erlina mengungkapkan, untuk mengetahui capaian efisien dan efektivitas, maka perlu adanya indikator-indikator yang menggambarkan capaian kinerja pelaksanaan anggaran. Selanjutnya, indikator-indikator pelaksanaan anggaran tersebut harus dapat menjelaskan bahwa penilaian kinerja pelaksanaan anggaran lebih mengarah pada penggunaannya.

“Pemenuhan target dan dampak yang ditimbulkan dari belanja pemerintah daerah itu harus diperhatikan. Bukan tinggi atau rendahnya tingkat penyerapan anggaran. Dalam kerangka inilah seharusnya anggaran pemerintah Kabupaten Pulang Pisau disusun,” tandasnya. (dar)

Share :

Baca Juga

DPRD Pulang Pisau

Food Estate Pacu Pembangunan

DPRD Pulang Pisau

Apresiasi Kepedulian Kejari Pulpis Terhadap Percepatan Pariwisata

DPRD Pulang Pisau

Maksimalkan Sektor Pariwisata di Pulang Pisau

DPRD Pulang Pisau

Bantu Pemasaran Produk Beras Dari Pulang Pisau

DPRD Pulang Pisau

Dewan Harapkan Pemerataan Tenaga Pendidik

DPRD Pulang Pisau

Puskesmas Diharapkan Beroperasi Maksimal

DPRD Pulang Pisau

SOPD Diminta Permudah Pelayanan

DPRD Pulang Pisau

Tandean Dukung Penertiban Pedagang di Pulang Pisau