Home / DPRD Barito Utara

Minggu, 1 Agustus 2021 - 20:33 WIB

Fraksi PPP Soroti Temuan BPK RI

MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com –  Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Barito Utara  menyoroti sejumlah temuan BPK RI, saat digelarnya rapat paripurna terkait Raperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Barito Utara Tahun Anggaran 2020, Senin (26/7/2021) lalu.

Fraksi PPP melalui juru bicaranya Nuriyanto mempertanyakan, potensi kelebihan pembayaran premi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi penduduk yang ditanggung Pemkab Barito Utara sebesar Rp 223.599.000.

Tidak hanya itu, Fraksi PPP juga menanyakan pembayaran yang belum dapat diyakini kebenarannya dengan nilai mencapai Rp 1.020.006.000.

Menurutnya, terhadap temuan BPK RI yang disoroti Fraksi PPP adalah, kelebihan pembayaran atas pelaksanaan 3 (tiga) paket pekerjaan peningkatan jalan sebesar Rp 215.231.272, dan potensi kelebihan pembayaran atas 1 (satu) paket pekerjaan Penataan Kawasan Bumi Perkemahan Panglima Batur sebesar Rp 72.847.868.

Baca Juga :  Pers Urat Nadi dalam Menyebar Informasi

PPP juga menyoroti pelaksanaan pekerjaan penataan kawasan tepian sungai Barito (WFC) melebihi waktu kontrak, akan tetapi belum dikenakan denda keterlambatan sebesar Rp 118.119.000.

“Terhadap temuan-temuan yang tercatat di dalam LHP BPK RI nomor: 42 B/LHP/XIX.PAL/05/2021 tanggal 28 mei 2021, hendaknya sesegera mungkin ditindak lanjuti penyelesaian sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” kata Nuriyanto.

Baca Juga :  Dewan Minta Distanak Kembangkan Sektor Peternakan

Ditambahkannya, dengan tidak mengurangi rasa hormat Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menyampaikan saran dan masukan. Diantaranya, jadwal penyusunan pembahasaan dan penetapan APBD harus mengikuti tahapan, waktu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan berlaku.

Selain itu, dalam proses penyelenggaraan anggaran khusus APBD, hendaknya memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku dan peraturan turunannya.

Sementara dalam hal pembiayaan program kegiatan, hendaknya memperhatikan urgensi dan kepentingan disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah, dimana kesulitan dan kondisi wabah virus covid-19 yang masih terjadi. (en)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Utara

Penyertaan Modal Harus Sesuai Kemampuan Anggaran

DPRD Barito Utara

Warga Harus Jeli Melihat Peluang Usaha

DPRD Barito Utara

Dukung Pembangunan Jembatan Lahei

DPRD Barito Utara

DPRD Barut Terima Kunjungan Dewan Banjarbaru

DPRD Barito Utara

Fraksi PKB Beri Penghargaan Polsek Montallat

DPRD Barito Utara

Ini Jawaban Bupati Barut Terkait LPj APBD 2020

DPRD Barito Utara

Warga Desa Panain Keluhkan Kerusakan Jalan

DPRD Barito Utara

Gali Potensi untuk PAD Barut