Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 23 Juli 2021 - 14:42 WIB

Semua Pihak Diminta Tak Lengah Atasi Karhutla

Wakil Ketua I DPRD Kalteng, Abdul Razak

Wakil Ketua I DPRD Kalteng, Abdul Razak

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Abdul Razak mengingatkan kepada semua pihak, agar tetap waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Meski di Kalteng akhir-akhir ini masih terdapat hujan, tingkat kerawanan Karhutla tidak boleh dianggap remeh. Seperti yang terjadi di sejumlah wilayah Kalteng beberapa pekan terakhir, terdapat beberapa titik api, untungnya bisa dikendalikan dengan cepat oleh para petugas dan masyarakat.

“Saya minta jangan lengah dan tetap waspada. Meskipun sering hujan tingkat kerawanan Karhutla tetap ada. Seperti di laporkan BMKG, puncak musim kemarau akan terjadi di akhir bulan Juli 2021 ini,” kata Abdul Razak, Jum’at (23/7/2021).

Baca Juga :  DPRD Kalteng Setuju Hibah Tanah KONI Untuk Bangun Menara Bank Kalteng

Lebih lanjut Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng III, yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini meyakini, jika pemerintah telah mempersiapkan dengan matang antisipasi sejak jauh hari. Baik dari sisi sarana dan prasarana, sosialisasi hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

“Koordinasi semua pihak juga harus intens dan dimaksimalkan. Jika mendapat informasi kebakaran hutan ataupun lahan, harus segera dilaporkan dan ditindak lanjuti, sehingga api tidak membesar dan merambat kedaerah lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Pastikan Revitalisasi Tiga Rumah Betang

Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah dapat menggencarkan sosialisasi tentang tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan kepada masyarakat. Baik itu bercocok tanam maupun keperluan lainnya.

“Karena, jika kedapatan, siapapun yang melakukan pembakaran hutan ataupun lahan hingga berakibat merugikan orang lain, akan diberi sanksi dan tindakan tegas,” tegasnya.

Politikus Partai Golkar ini berharap, masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam menangani karhutla, sehingga ancaman karhutla dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Dan yang terpenting, masyarakat harus menanamkan kesadaran agar tidak melakukan pembakaran lahan maupun hutan,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Teken 3 Buah Nota Kesepakatan

DPRD Provinsi Kalteng

Perlu Adanya Gerakan Melestarikan Lingkungan

DPRD Provinsi Kalteng

Pelaksanaan Pilkada Harus Utamakan Protokol Kesehatan

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Akomodir Aspirasi Aliansi Masyarakat Gumas

DPRD Provinsi Kalteng

Ketua DPRD Kalteng Nilai Perda Adat Penting dan Mendesak untuk Disahkan

DPRD Provinsi Kalteng

Program Penebaran Benih Ikan Harus Gencar

DPRD Provinsi Kalteng

Empat Raperda Provinsi Kalteng Disetujui

DPRD Provinsi Kalteng

Wakil Ketua DPRD Kalteng Ziarah Makam Pahlawan