Home / Kobar

Senin, 19 Juli 2021 - 21:18 WIB

Puluhan Siswa SMK Praktik di P4S Karya Baru Mandiri

Siswa dan siswi ketika mengikuti praktik lapangan di P4S Karya Baru Mandiri, Senin (19/7).

Siswa dan siswi ketika mengikuti praktik lapangan di P4S Karya Baru Mandiri, Senin (19/7).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pusat Pelatihan Pendidikan Pertanian Swadaya (P4S) Karya Baru Mandiri Desa Kubu, Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat mulai membuka pelatihan sektor pertanian dan peternakan, setelah lebih dari satu tahun terakhir vakum akibat pandemi Covid-19.

Sebanyak 50 siswa SMK dari SMKN 2 Kumai, SMKN 1 Kecamatan Pangkalan Banteng, dan SMK Muhammadiyah selama tiga bulan kedepan bakal mengikuti program praktik kerja lapangan/magang dengan menerapkan pola pembinaan berkelanjutan.

Kepala P4S Karya Baru Mandiri, Sahrian mengatakan, pelatihan yang diberikan tidak hanya sekedar praktik lapangan, namun lebih mengedepankan kedisplinan dalam setiap kegiatan.

Para siswa dibimbing agar bisa berkerjasama antar satu sama lain, sehingga diharapkan setelah selesai pelatihan, para siswa memiliki keahlian yang mumpuni.

Baca Juga :  Wabup Monitoring Bandara dan Pelabuhan

“Kita terapkan displin tingkat tinggi. Jadi semua aktivitas siswa terjadwal. Kita berikan praktik pengolahan lahan, pembibitan, tata cara kelola ternak sampai pengolahan pupuk ramah lingkungan,” ujar Sahrian, Senin (19/7/2021).

Ia berharap apa yang dilakukan oleh P4S Karya Baru Mandiri mendapat dukungan pemerintah daerah dalam upaya mencetak petani maupun peternak milenial yang melek teknologi.

“Kita juga berharap pemerintah daerah terus memberikan pendampingan secara kontinyu, kami membantu tugas-tugas pemerintah secara swadaya,” jelas dia.

Baca Juga :  Kepergok Mencuri Sarang Burung Walet, Dua Warga Kumai Ditangkap Polisi 

Sementara itu, salah seorang siswa magang mengatakan mereka sengaja memilih P4S sebagai lokasi praktik lapangan karena memang memiliki beberapa kelebihan.

Disamping itu, ia juga berharap pelatihan pertanian yang mereka tekuni diharapkan menjadin pengalaman berharga untuk dikemudian hari.

“Kami disini bertujuan untuk mencari pengalaman. Bagaimana berinteraksi satu sama lain, berkerjasama dan juga intruktur yang mendampingi sangat berpengalaman di bidangnya,” imbuh Layyinatul Luthfi, Siswa SMKN 1 Pangkalan Banteng.

Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, maka seluruh peserta yang magang di P4S Karya Baru Mandiri Desa Kubu wajib menjalani vaksinasi. (lh)

Share :

Baca Juga

Kobar

Sasar Pelanggar Berat, Polres Kobar Turut Giat Operasi Keselamatan Telabang

Kobar

Kejari Kobar Peringati Hari Bakti Adhyaksa ke 60 

Kobar

Lapas Pangkalan Bun Gagalkan Penyelundupan Sabu

Kobar

Karhutla di Kobar Nyaris Membakar Rumah Warga

Kobar

Seorang Nenek di Kobar Nekat Jual Sabu 

Kobar

Kades Teluk Bogam Keluhkan Penyaluran BBM Subsidi

Kobar

RSUD Imanuddin Kekurangan 50 Orang Tenaga Medis Untuk IGD

Kobar

Apes..Asik Ngamar, Tiga Pasangan Mesum Terjaring Razia Polisi