Home / DPRD Pulang Pisau

Sabtu, 17 Juli 2021 - 11:53 WIB

Perekrutan Tenaga Kerja Jangan Abaikan AK1

Jayadikarta

Jayadikarta

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) diminta jangan mengabaikan kartu kuning atau sekarang yang lebih dikenal dengan sebutan Antar Kerja (AK1). AK1 ini merupakan keluaran resmi dari Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) dalam hal penyaluran tenaga kerja.

Nomor pencari kerja dan identitas lainnya tercantum dalam AK1 tersebut. Selain itu, masalah AK1 juga diatur dalam Permenakertrans 39/2016.

Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Ahmad Jayadikarta mengatakan, perusahaan jangan sampai mengabaikan AK1 tersebut. Karena, AK1 itu sebagai bukti bahwa perusahaan tertib adminsitrasi dalam hal perekrutan tenaga kerja.

Baca Juga :  Miris, Dua Oknum Ustadz di Kobar Cabuli Santrinya

“Dinas tenaga kerja diharapkan tegas terhadap perusahaan yang mengabaikan AK1 dalam perekrutan tenaga kerja,” kata Jayadikarta, Jumat, 16 Juli 2021.

Politikus Nasdem ini menambahkan, daerah memiliki data terkait pencari kerja dengan menghitung jumlah AK1 yang masuk di Disnakertrans. Sehingga, jika dalam perekrutan tenaga kerja itu tidak menggunakan AK1, maka pemerintah sulit untuk mendata berapa jumlah tenaga kerja lokal yang terserap dan mana yang belum bekerja.

Baca Juga :  Realisasi Aspirasi Disesuaikan Kemampuan Anggaran

“Perusahaan juga wajib mengabarkan atau memberitahukan kepada Disnakertrans jika ada pembukaan lowongan kerja. Sehingga pemerintah bisa menyalurkan tenaga kerja,” ucap dia.

Jayadikarta berharap perusahaan harus terbuka dalam perekrutan tenaga kerja. Jangan sampai diam-diam membuka lowongan pekerjaan. (dar)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

DPRD Pulang Pisau

Realisasi CSR PBS Harus Tepat Sasaran

DPRD Pulang Pisau

Dahulukan Pembangunan Mendesak

DPRD Pulang Pisau

RPJMD Harus Sinergi dengan Program Pemerintah

DPRD Pulang Pisau

Bersihkan Drainase Secara Rutin

DPRD Pulang Pisau

Metode Pembelajaran Masa Pandemi Harus Lebih Kreatif

DPRD Pulang Pisau

Dewan Dukung TIK Terintegrasi

DPRD Pulang Pisau

Pembangunan Infrastruktur Jalan Harus Merata 

DPRD Pulang Pisau

Hasil Pembangunan Wajib Diawasi