Home / Pemko Palangka Raya

Senin, 19 Juli 2021 - 14:49 WIB

Pemko Batasi Penggunaan Kantong Plastik

Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini.

Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Menjelang Hari Raya Iduladha pada 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah atau 20 Juli 2021 mendatang, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini menjelaskan, tujuan utama SE tersebut diterbitkan, untuk mengurangi timbulnya sampah plastik yang saat ini mendominasi dari berbagai jenis sampah di Kota Cantik.

“Kita ingin kota Palangka Raya benar-benar cantik sesuai misi Wali Kota mewujudkan kota ini ‘Smart Environment’, sehingga kualitas lingkungan hidup tetap terjaga saat pelaksanaan Iduladha nanti,” katanya, Senin (19/7/21)

Baca Juga :  Tiga Kecamatan Berpotensi Jadi Pusat Pertanian

Menurutnya, penggunaan wadah kantong plastik sekali pakai dapat menjadi masalah tersendiri karena sulit dikelola dan mengurangi kekhidmatan pelaksanaan ibadah kurban jika setelahnya tidak tertangani dengan baik.

Sebagai gantinya, panitia ibadah kurban baik di Masjid, Langgar, Mushola, maupun di tempat lainnya, diimbau untuk menyediakan tas atau bakul yang terbuat dari purun, dalam mengemas daging atau menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan seperti yang berbahan cassava starch.

“Memang harganya agak mahal bahan-bahan tersebut, tapi ini sangat membantu dalam mengurangi sampah plastik pasca perayaan kurban, sekaligus membantu para pengrajin kerajinan tangan, dalam memasarkan hasil produknya di masa pendemi yang sulit seperti ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemko Perketat Pemberian Cuti ASN

Lebih lanjut dijelaskannya, SE yang diterbitkan pada tanggal 28 Juni 2021 tersebut, juga sekaligus menindaklanjuti SE Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SE.2/PSLB3/PS/PLB.0/7/2021, tentang pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa sampah plastik.

“kita ingin sungai tetap bersih dan kualitas airnya terjaga. Untuk itu masyarakat jangan sampai membuang sampah, jeroan, sisa hewan kurban ke sungai atau saluran air. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan kita,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Pemko Palangka Raya Komitmen Wujudkan Smart Economy

Pemko Palangka Raya

Juni 2021, Palangka Raya Alami Inflasi 0,08 Persen

Pemko Palangka Raya

Satgas PPKM Mikro Kecamatan Pahandut Lakukan Vaksinasi Jemput Bola

Pemko Palangka Raya

Pemko Terima Kunjungan Deputi Kemenpan RB

Pemko Palangka Raya

Pemko Palangka Raya Komitmen Perhatikan Lansia

Pemko Palangka Raya

Simpang UPR-Bukit Keminting Bakal Dipasang Traffick Light

Pemko Palangka Raya

Disdukcapil Kota Jalin Kerjasama dengan IAIN

Pemko Palangka Raya

Ini Tarif Baru PCR di Kota Palangka Raya